Enam Warga Sipil Tewas Dalam Pertempuran Di Donetsk

id Enam Warga Sipil Tewas Dalam Pertempuran Di Donetsk,

 Enam Warga Sipil Tewas Dalam Pertempuran Di Donetsk

Seorang warga melintas di depan sebuah bengkel akibat serangan pasukan Ukraina di Donetsk, Ukraina, Kamis (4/9). (REUTERS/Maxim Shemetov) Istimewa

Donetsk, Ukraina (ANTARA News) - Enam warga sipil tewas dalam pertempuran di kubu pemberontak Donetsk, Ukraina timur, Minggu, hari paling berdarah sejak gencatan senjata ditandatangani 10 hari yang lalu.

Pemboman konstan dan tembakan artileri dilaporkan terus berlanjut sepanjang Minggu di sekitar Donetsk dan bandara kota itu, dengan awan asap hitam besar mengepul ke langit di atas kota, lapor AFP.

"Enam warga sipil tewas selama pertempuran 24 jam terakhir," kata Wakil Walikota Donetsk, Kostyantyn Savinov, pada Senin, sementara balai kota mengatakan 15 warga sipil telah terluka.

Keamanan Nasional Ukraina dan juru bicara Dewan Pertahanan Andriy Lysenko mengatakan, ada juga yang tewas dan terluka di antara jajaran militer, namun mengatakan rinciannya akan diberikan kemudian.

Para pengamat dari badan keamanan pan-Eropa OSCE, yang menengahi gencatan senjata 5 September, melaporkan penembakan di dekat satu pasar di satu distrik Donetsk.

"Asap itu berasal dari satu bangunan dan pemadam kebakaran berada di lokasi tersebut," kata OSCE dalam satu pernyataan.

Dikatakan para pengamat diberitahu oleh para pemberontak bahwa empat orang telah dibunuh dan bahwa tim itu sendiri telah melihat tubuh seorang wanita warga sipil terbaring di jalan.

Donetsk, kota terbesar yang dikuasai pemberontak di kota industri Ukraina timur, menjadi ajang beberapa pertempuran paling sengit dalam konflik lima bulan itu.


Penerjemah: Askan Krisna