Courtois Bela Cara Chelsea Rawat Cedera Kepalanya

id Courtois Bela Cara Chelsea Rawat Cedera Kepalanya,

London (ANTARA News) - Kiper Chelsea Thibaut Courtois membela cara klub pemuncak klasemen Liga Utama Inggris itu dalam menangani cedera kepalanya, yang didapatnya saat timnya menang 2-0 atas Arsenal di ajang liga pada akhir pekan silam.

Courtois mengalami cedera akibat berbenturan dengan penyerang Arsenal Alexis Sanchez, dan meski awalnya sempat diizinkan terus bermain, ia digantikan oleh Petr Cech 13 menit kemudian ketika gejala-gejala penyakitnya memburuk, lapor Reuters.

Headway, kelompok amal yang mendukung orang-orang dari cedera pada otak, mempertanyakan cara Chelsea menangani situasi tersebut dan apakah peraturan-peraturan baru Liga Utama Inggris - yang memaksa pemain harus digantikan jika sang pemain diduga mengalami gegar otak - telah diterapkan dengan layak.

Bagaimanapun, Courtois yang bermain penuh saat Belgia menang 6-0 atas Andorra pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016 pada Jumat, memuji cara staf medis menangani situasi yang ada.

"Dokter Chelsea melakukannya dengan baik, saya pikir," kata Courtois kepada Sky Sports. "Ia memberi saya sejumlah pertanyaan yang perlu saya jawab dan saya beberapa kali mengulangi bahwa saya merasa baik-baik saja dan tidak perlu ditarik keluar lapangan."

"Saya tidak merasa mendapat hantaman, namun saya terbentur. Saya tidak mengalami pusing atau semacamnya, namun setelah beberapa menit saya merasa memburuk dan semakin buruk."

"Kemudian saya mulai merasa sedikit pusing dan saya tidak dapat lagi melihat bola, dan ada sedikit darah keluar dari telinga saya. Karena saya terlihat bermasalah, saya ditarik keluar lapangan."

"Saya tahu Anda perlu berhati-hati, namun saya benar-benar tidak runtuh, maka saya masih dapat dimainkan jika saya tidak melihat situasi dengan penglihatan tidak jelas."

Ia menjalani serangkaian pengujian di rumah sakit namun dinyatakan tidak mengalami cedera serius, dan dapat bergabung dengan rekan-rekan setimnya di timnas Belgia.

"Saya mengalami rasa sakit di leher, pusing, dan sakit kepala selama beberapa hari setelahnya. Saya menjalani tes-tes neurologi untuk mengetahui apakah otak saya merespon dengan baik dan, setelah itu baik-baik saja, saya pergi ke Belgia," tambahnya.

Courtois diperkirakan akan tampil sebagai pemain inti pada pertandingan Belgia selanjutnya di kualifikasi Piala Eropa 2016 melawan Bosnia pada Senin.


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati