Karang Taruna Latih Warga Jadi Penata Rias

id Karang Taruna Latih Warga Jadi Penata Rias

Sampit (Antara Kalteng) - Karang Taruna Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah menggelar pelatihan tata rias untuk membantu para ibu rumah tangga membuka usaha sampingan membantu ekonomi keluarga.

"Kami terus berpikir bagaimana cara meningkatkan ekonomi masyarakat. Pelatihan ini adalah salah satu upaya kami dengan harapan perempuan mempunyai keterampilan untuk membuka usaha sendiri," kata Ketua Karang Taruna Kotim, Abdul Hafid di Sampit, Jumat.

Tata rias gratis ini merupakan program pelatihan kecakapan hidup yang sudah beberapa kali digelar Karang Taruna Kotim. Acara ini disambut antusias masyarakat karena sangat bermanfaat untuk membuka usaha tata rias sendiri.

Setelah memiliki keterampilan ini, peserta diharapkan bisa membuka usaha sendiri sehingga mendapat penghasilan sendiri. Tidak heran jika banyak yang meminta pelatihan ini kembali digelar untuk menampung tingginya antusias masyarakat.

Kali ini pelatihan diikuti sepuluh peserta. Pelatihan yang menghadirkan dua instruktur yaitu Maswiyah dan Nengsih ini dilakukan sebanyak 25 kali pertemuan, dengan waktu antara empat sampai lima jam dalam setiap pertempuan.

"Untuk kali ini pesertanya didominasi ibu-ibu yang selama ini sering membantu penata rias, jadi setelah diberi pelatihan ini diharapkan mereka nantinya bisa mandiri. Tinggal dipoles, kemampuan mereka sudah bagus," kata Ketua Pelaksana, Nurdiansyah.

Karang Taruna Kotim berkomitmen melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkan kemandirian masyarakat, khususnya dalam hal ekonomi. Pemberian pelatihan kecakapan hidup merupakan cara yang dianggap tepat untuk membantu masyarakat.

Sebelumnya sudah dilakukan budidaya jamur, menjahit, bengkel las dan otomotif, tata rias, pembuatan batako dan lainnya. Tujuan utamanya adalah memberikan keterampilan sehingga masyarakat bisa membuka usaha sendiri dan menciptakan lapangan kerja bagi orang lain.



(T.KR-NJI/B/S019/S019)