Perempuan Ramai-Ramai Jadi Relawan Pemburu Sampah

id Perempuan Ramai-Ramai Jadi Relawan Pemburu Sampah

Perempuan Ramai-Ramai Jadi Relawan Pemburu Sampah

Ilustrasi, (FOTO ANTARA) Istimewa

Saat ini sudah tercatat 205 orang yang bergabung menjadi anggota Tim Pemburu Sampah..."
Sampit (Antara Kalteng) - Lebih dari 200 perempuan di Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, ramai-ramai bergabung menjadi relawan pemburu sampah untuk membersihkan daerah setempat.

"Saat ini sudah tercatat 205 orang yang bergabung menjadi anggota Tim Pemburu Sampah. Kalau ada kegiatan, tinggal SMS (pesan singkat) saja mereka langsung datang," kata Camat Baamang Yusransyah di Sampit, Senin.

Anggota Tim Pemburu Sampah ini didominasi para ibu rumah tangga yang tersebar merata di hampir seluruh rukun tetangga yang ada di kecamatan tersebut. Siapa pun boleh bergabung menjadi relawan bergabung dalam tim ini.

Tim yang terbentuk sekitar sejak tiga tahun lalu ini didasari kepedulian di kecamatan yang merupakan bagian wilayah dari Sampit, Ibu Kota Kabupaten Kotim ini. Selain membersihkan lingkungan masing-masing, para ibu-ibu ini siap membantu jika tenaga mereka dibutuhkan untuk kerja bakti di kawasan lain.

Keikhlasan para perempuan Baamang ini patut menjadi contoh, sekaligus menggugah kesadaran masyarakat untuk membersihkan sampah, setidaknya di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

"Tidak ada insentif apapun untuk mereka. Kami paling hanya menyiapkan sekadar minuman saat kegiatan. Mereka sangat bersemangat. Kapan pun kami hubung ada kerja bakti, kalau mereka tidak sibuk, pasti datang," ujar Yusransyah.

Kian hari, semangat dan kepedulian ini terus meluas ditandai dengan makin banyaknya perempuan yang bergabung menjadi anggota Tim Pemburu Sampah. Pihaknya hanya berharap bantuan pemerintah daerah untuk pengadaan peralatan kebersihan agar kegiatan para relawan kebersihan ini bisa makin maksimal.

Kegiatan para perempuan ini sangat mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Kotim untuk menjaga kebersihan kota, sekaligus mempertahankan piala Adipura yang sudah diraih berturut-turut tiga tahun terakhir.

Pada tahun 2015, Kotim menargetkan meraih Piala Adipura Kencana untuk Sampit sebagai kota kecil terbersih.



(T.KR-NJI/B/F002/F002)

Pewarta :
Editor : Rachmat Hidayat
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar