Amerika Membunuh Kepala Intelijen Al-Shabaab Somalia

id Amerika Membunuh Kepala Intelijen Al-Shabaab Somalia

Washington (ANTARA News) - Militer Amerika Serikat, Rabu, mengkonfirmasi telah membunuh kepala intelijen militan al-Shabaab Somalia dalam serangan udara pekan ini, mengatakan hal itu kemunduran bagi kelompok yang berkaitan dengan Al-Qaida.

Pemerintah Somalia telah mengumumkan bahwa tokoh Shebab itu telah disingkirkan dalam apa yang disebut operasi "bersama".

"Departemen Pertahanan telah mengkonfirmasi bahwa Tahlil Abdishakur, kepala intelijen dan keamanan sayap al-Shabaab, tewas dalam serangan udara pada 29 Desember," kata Pentagon dalam satu pernyataan yang dikutip AFP.

Serangan dekat Saakow dilakukan oleh "pesawat tak berawak," katanya.

"Bekerja berdasarkan menindaklanjuti informasi intelijen, pasukan ini berhasil menghantam dengan beberapa rudal Hellfire, kendaraan yang membawa Tahlil."

Tahlil bertanggung jawab atas operasi eksternal al-Shabaab dan Pentagon mengatakan kematiannya "akan secara signifikan mempengaruhi" kemampuan kelompok itu untuk melakukan serangan melawan pemerintah Somalia, rakyatnya dan sekutu AS serta kepentingan-kepentingan di wilayah.

Washington telah secara konsisten menargetkan tokoh-tokoh senior al-Shabaab, dan pemimpin sebelumnya, Ahmed Abdi Godane, juga tewas dalam serangan udara AS pada September.


(Uu.H-AK)