Lima Orang Pakistan Ditangkap Di Afghanistan Terkait Pembantaian

id Lima Orang Pakistan Ditangkap Di Afghanistan Terkait Pembantaian

Kabul (ANTARA News) - Lima orang Pakistan ditangkap di Afghanistan sehubungan dengan pembantaian Taliban terhadap 134 anak sekolah di kota Peshawar, Pakistan, bulan lalu, kata para pejabat dari kedua negara, Minggu.

Kelimanya ditahan pekan lalu setelah Pakistan mengirimkan daftar tersangka kepada dinas keamanan di negara tetangga itu, kata para pejabat yang tidak bersedia disebutkan namanya.

Orang-orang bersenjata Taliban melepaskan tembakan di sekolah militer pada 16 Desember, menewaskan sembilan orang staf dan para siswa, banyak dari mereka yang anak-anak personel militer, dalam pembantaian paling berdarah di negara itu dalam beberapa tahun terakhir.

"Kami sedang menyelidiki apakah lima orang yang ditahan itu adalah orang-orang yang dicari oleh Pakistan," kata salah satu pejabat Afghanistan kepada Reuters.

Taliban Pakistan adalah organisasi terpisah dari Taliban Afghanistan, namun keduanya berbagi tujuan menjatuhkan pemerintah mereka masing-masing dan menegakkan hukum Islam yang ketat di seluruh wilayah itu.

Salah satu pejabat Pakistan mengatakan, 20-25 orang lainnya telah ditahan di Pakistan tetapi beberapa sudah dibebaskan.

Seorang pejabat Pakistan yang kedua mengatakan bahwa pembicaraan sedang berlangsung dengan pemerintah untuk transfer kelima tahanan itu dari Afghanistan ke Pakistan, demikian Reuters melaporkan.

(H-AK)

Pewarta :
Editor: Rachmat Hidayat
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar