DPRD Seruyan Dukung Pemkab Kembangkan Kebun Kopi

id DPRD Seruyan Dukung Pemkab Kembangkan Kebun Kopi, kebun kopi, dprd seruyan, seruyan

DPRD Seruyan Dukung Pemkab Kembangkan Kebun Kopi

Ilustrasi, Kopi (FOTO ANTARA/Gatot Arifianto) Istimewa

ini juga menjadi salah satu solusi peluang usaha bagi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian keluarganya,"
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan mendukung upaya Pemerintah yang ingin mengembangkan perkebunan kopi di wilayah tersebut.

"Kita mendukung mengembangkan perkebunan kopi, khususnya untuk wilayah Seruyan Hulu. Program tersebut sangat cocok sekali dengan kondisi alam dan geografis di wilayah hulu," kata Anggota Komisi II DPRD Seruyan Syahwandi di Kuala Pembuang, Kamis.

Ia menilai, langkah tersebut sangat tepat karena untuk wilayah Seruyan Tengah, Pemkab sudah mengembangkan perkebunan aren, sedangkan wilayah Seruyan Hilir untuk perkebunan pisang.

"Masing-masing wilayah ini sudah memiliki tanaman unggulan. Ini akan menjadi ciri khas bagi masing-masing wilayah, dan ini sangat baik sekali sehingga ke depan Seruyan dapat dikenal orang dengan tiga produk unggulannya yakni pisang, gula aren dan kopi," katanya.

Selain itu, dengan adanya penetapan komunitas andalan di masing-masing wilayah akan sangat berdampak positif sekali terhadap perekonomian, dan saling menutupi kekurangan serta menghindari persaingan antar masing-masing wilayah di Seruyan.

"Masyarakat tidak akan saling bersaing dengan komuditas yang sama, karena masing-masing wilayah sudah memiliki kebun andalan masing-masing," katanya.

Ia menambahkan, program kebun kopi ini juga dapat menjadi motivasi bagi masyarakat untuk kembali mengembangkan tanaman yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, dan masyarakat, tidak terpaku hanya semata-mata mengandalkan perkebunan plasma sawit.

"Ini juga menjadi salah satu solusi peluang usaha bagi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian keluarganya," katanya.

Kemudian, dengan adanya pembagian jenis tanaman andalan untuk masing-masing wilayah, tentunya juga akan menarik perhatian masyarakat dari luar daerah Seruyan.

"Ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi Seruyan yang dapat mengundang masuknya wisatawan, untuk itu kami berharap program ini dapat berjalan dengan baik," katanya.



(T.KR-JWM/B/S019/S019)