AS Bersumpah Hadirkan "Kekalahan Abadi" Pada ISIS

id Menteri Pertahanan Amerika Serikat Ashton Carter, AS Bersumpah Hadirkan Kekalahan Abadi Pada ISIS

AS Bersumpah Hadirkan "Kekalahan Abadi" Pada ISIS

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Ashton Carter.(ANTARA News/Ade P Marboen)Istimewa

Camp Arifjan, Kuwait (ANTARA News) - Bos baru Pentagon Ashton Carter bersumpah akan membuat ISIS menelan kekalahan abadi saat dia mengumpulkan para jenderal dan diplomat di Kuwait dalam rangka mengkaji kembali perang melawan ISIS.

Beberapa hari sejak menjabat Menteri Pertahanan, Carter menyelenggarakan pertemuan luar biasa dengan lebih dari dua lusin pejabat senior militer, duta besar dan pejabat intelijen di pangkalan Angkatan Darat AS, Camp Arifjan.

Berbicara kepada pasukan Amerika di pangkalan itu sebelum berunding, Carter mengatakan koalisi pimpinan AS tengah menekan ISIS dari Kuwait dan dari mana pun.  "Dan kita akan menciptakan kekalahan abadi, tak ada keraguan," kata dia.

"ISIS tidak hanya ancaman untuk Irak dan Suriah. Mereka adalah ancaman besar bagi kawasan ini," kata Carter.

Ketika ditanyai apakah Washington akan mempertimbangkan untuk mengirimkan pasukan darat untuk memerangi ISIS, Carter mengatakan setiap aksi militer tambahan akan dipertimbangkan secara hati-hati.

Carter juga dilaporkan akan merekrut kelompok Sunni untuk memerangi ISIS di mana saat ini saja ribuan warga Sunni bersiap turut dalam perang melawan ISIS.

Pertemuan ini juga dihadiri panglima perang melawan ISIS Letjen James Terry, selain juga panglima Komando Sentral AS, Panglima Komando Afrika, Panglima Komando Eropa, Panglima Komando Operasi Khusus dan Komando Operasi Gabungan, demikian AFP.