33 Peserta Ikuti Lomba Poco-Poco Disdikpora

id 33 Peserta Ikuti Lomba Poco-Poco Disdikpora, poco-poco, Siti Bariah

33 Peserta Ikuti Lomba Poco-Poco Disdikpora

Ilustrasi, Foto dokumen tari poco-poco di Indonesian Festival (Indofest) di Nottingham University, Inggris Raya. (atdikbudlondon.com) Istimewa

...Semoga kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Sebanyak 33 peserta dari berbagai kalangan mengikuti lomba senam poco-poco yang digelar Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Tengah.

"Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini 33 tim dan di sini juga ada beberapa kategori peserta," kata panitia lomba, Siti Bariah, di Palangka Raya, Kamis.

Ke-33 tim ini terbagi menjadi beberapa kategori diantaranya kategori instansi yang terdiri dari pegawai Perpustakaan, pegawai Rumah Sakit, Perguruan Tinggi, dan anggota kepolisian.

Selain itu kategori pelajar dan mahasiswa yang sebagian besar diikuti peserta dari Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, dan kategori lain adalah kategori umum.

Dalam lomba tersebut setiap tim terdiri dari lima orang peserta dan setiap tim diberi kebebasan memilih anggotanya sehingga dalam satu regu ada yang semuanya pria dan semuanya wanita atau campuran.

Ia mengatakan, lomba poco-poco ini digelar sebagai upaya untuk meningkatkan budaya olahraga sehingga kesehatan dan kebugaran jasmani masyarakat tetap terpelihara.

Olahraga sebagai upaya menyehatkan dan menyegarkan badan, ketika sedang berolahraga, otomatis tubuh akan membuang energi sisa selama beraktivitas berupa keringat, kemudian diganti dengan energi baru.

Olahraga juga dapat melatih daya pacu jantung sehingga peredaran darah dalam tubuh lebih lancar.

Saat berolahraga, secara otomatis tubuh membakar lemak dan kolesterol sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung yang biasanya dialami pria dan wanita yang sudah berumur.

Salah seorang peserta, Mona, merasa senang dengan pelaksanaan lomba ini karena dengan adanya kegiatan ini ia lebih meluangkan waktu untuk berolahraga.

"Saya jadi sering berolahraga, ada teman berlatih makanya saya jadi semakin semangat. Berlatih untuk persiapan lomba ini artinya saya juga olahraga. Semoga kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin," katanya.




(T.KR-RNA/B/S019/S019)