Lkbn Antara Diminta Beritakan Kearifan Lokal Palangka Raya

id Riban Satia, Saiful Hadi, Dirut ANTARA, Wali Kota Palangkaraya, LKBN ANTARA

Lkbn Antara Diminta Beritakan Kearifan Lokal Palangka Raya

Jajaran Pemerintah Kota Palangka Raya saat foto bersama Dirut ANTARA Saiful Hadi (lima dari kiri) dan Kabiro Kalteng pada kegiatan audiensi di Jakarta, Kamis (19/3). (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

...kerja sama yang sudah terjalin harmonis ini bisa terus berjalan dalam menginformasikan pemberitaan kearifan lokal, serta program kebijakan pemerintah daerah yang dilaksanakan bisa terpublikasi hingga ke masyarakat luas
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, HM Riban Satia meminta Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara membantu memberitakan kearifan lokal.

"Saya berharap Perum LKBN Antara bisa membantu mengangkat pemberitaan tentang kearifan lokal sekaligus menyampaikan potensi-potensi daerah `Kota Cantik` Palangka Raya," kata Riban Satia, Minggu.

Riban Satia juga berharap kerja sama yang sudah terjalin harmonis ini bisa terus berjalan dalam menginformasikan pemberitaan kearifan lokal, serta program kebijakan pemerintah daerah yang dilaksanakan bisa terpublikasi hingga ke masyarakat luas.

Wali Kota dua periode itu mengatakan, bahwa nilai-nilai kearifan lokal mempunyai peran besar dalam mengembangkan potensi daerah seperti potensi pariwisata, kebudayaan dan sebagainya Dan ini yang harus di angkat dalam pemberitaan.

Selain mempunyai peran besar, kata Riban Satia, kearifan lokal harus mampu bertahan terhadap budaya luar, mampu mengakomodasi unsur-unsur budaya luar serta mampu memberi arah perkembangan budaya bagi masyarakat luas.

"Kearifan lokal merupakan produk budaya masa lalu yang patut secara terus-menerus dijadikan pegangan hidup. Meski pun nilai lokal tetapi nilai yang terkandung di dalamnya dianggap sangat universal," katanya.

Sehingga, kearifan lokal dan keunggulan lokal yang bersandar pada filosofis nilai-nilai, etika, cara-cara dan perilaku yang melembaga secara tradisional mampu dipertahankan.

Kearifan lokal dapat menjadi daya tarik yang kuat atas hadirnya wisatawan baik luar dan dalam negeri di samping relevan bagi kehidupan masyarakat secara sosiologis.

Selain memiliki daya tarik wisata, kearifan lokal juga bisa didorong untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai jual serta menambah pendapatan asli daerah.

"Melalui kearifan lokal kita dapat mengembangkan atau bahkan menciptakan potensi pariwisata baru di daerah," ucapnya.

Oleh sebab itu, Riban Satia berharap Perum LKBN Antara sebagai corong pemberitaan pemerintah, mampu memberitakan kearifan lokal khususnya di ibu kota provinsi Kalimantan Tengah itu.


(T.KR-RON/B/F001/F001)