Kotawaringin Timur Dapat Jatah Program Sejuta Rumah

id Kotawaringin Timur Dapat Jatah Program Sejuta Rumah, rumah

Kotawaringin Timur Dapat Jatah Program Sejuta Rumah

Ilustrasi. (Istimewa)

...Rencananya 30 April nanti program Sejuta Rumah ini akan di-launching oleh Wapres di Sampit,"
Sampit (Antara Kalteng) - Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, patut bersyukur karena daerah ini mendapat jatah program nasional sejuta rumah yang akan dijalankan pemerintah pusat.

"Kita harus bersyukur karena Sampit mendapat perhatian khusus untuk pemilikan rumah. Rencananya 30 April nanti program Sejuta Rumah ini akan di-launching oleh Wapres di Sampit," kata perwakilan PT Wengga Citra Jaya, Taufik di Sampit, Selasa.

Informasi itu disampaikan Taufik di hadapan puluhan pegawai negeri sipil yang menghadiri sosialisasi rumah murah. Dalam acara yang digelar Dinas Pertamanan, Tata Kota dan Kebersihan Kotim itu, hadir pula narasumber dari Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan (Bapertarum) PNS dan Bank Tabungan Negara.

PT Wengga Citra Jaya adalah perusahaan yang mendapat kepercayaan bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam menggarap program ini.

Selain memang dikenal sebagai perusahaan besar yang sudah banyak membangun perumahan di Kotim dan daerah, perusahaan ini memang sudah menyiapkan lahan sangat luas untuk program yang jauh-jauh hari sudah mereka tawarkan yaitu pembangunan 10.000 rumah di kawasan yang mereka sebut Wengga Metropolitan di Jalan Tjilik Riwut.

Pihak perusahaan mengklaim bahwa harga rumah yang mereka pasarkan saat ini bahkan lebih rendah dibanding batasan yang dibuat pemerintah. Dengan diskon uang muka yang cukup besar, harga rumah tipe 36 yang dijual kepada PNS hanya Rp 118 juta.

Program sejuta rumah ini, perusahaan sudah menyiapkan lahan seluas 324 hektare. Lokasi yang dipilih sangat strategis karena dekat dengan fasilitas lain seperti lokasi cikal bakal pembangunan kampus, Politeknik, pusat perbelanjaan, olahraga serta water park atau wahana air yang digadang-gadang merupakan yang terbesar di Indonesia.

"Program sejuta rumah banyak dapat keringanan. Kalau mendaftar sebelum 30 April, kami memberikan luas tanah 12 x 15,5 meter. Tapi kalau lewat dari tanggal itu, maka kembali ke ukuran standar yaitu 10 x 14 meter," jelas Taufik.

Kepala Dispertasih Kotim, H Juanda mengaku bersyukur Kotim menjadi salah satu dari 13 kabupaten/kota di Indonesia yang mendapat jatah dari program Sejuta Rumah. Dia berharap kesempatan ini tidak disia-siakan oleh PNS yang belum mempunyai rumah.

"Kita di daerah sudah melakukan persiapan. MoU (nota kesepakatan) antara pak Bupati dengan PT Wengga sudah ditandatangani dan sudah dikirim ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Makanya mungkin usulan kita inilah yang membuat daerah kita mendapat prioritas karena pemerintah pusat melihat kesiapan kita," ujar Juanda.

Pelaksana Sekretariat Tetap Bapertarum PNS, Barik Gussaini mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan berbagai program bantuan untuk memudahkan PNS memiliki rumah pribadi. Program tersebut di antaranya bantuan uang muka, bantuan sebagian biaya pembangunan dan pengembalian tabungan.

"Bantuan uang muka cuma-cuma untuk golongan 1 hingga golongan 3. Ada juga bantuan membangun bagi yang punya tanah sendiri. Sedangkan tambahan bantuan berupa pinjaman harus dikembalikan dengan bunga rendah dan tempo 15 tahun, nilainya Rp20-Rp30 juta. Bisa golongan 1-4 tapi bunganya berbeda-beda. Ini membantu supaya angsuran lebih murah jika bisa bayar uang muka lebih besar," ujarnya.

Program ini merupakan keseriusan pemerintah membantu masyarakat untuk pemilikan rumah dengan cara mudah dan ringan. Dia berharap kesempatan ini dimanfaatkan oleh PNS agar bisa memiliki rumah pribadi.



(T.KR-NJI/B/S019/S019)