Warga Minta Penggunaan Mobil Dinas Sesuai Peruntukannya

id Warga Minta Penggunaan Mobil Dinas Sesuai Peruntukannya, mobil dinas

Warga Minta Penggunaan Mobil Dinas Sesuai Peruntukannya

Ilustrasi, Mobil Dinas (www.lensaindonesia.com) Istimewa

Saat ini banyak mobil dinas yang tidak benar-benar digunakan untuk kegiatan pelayanan masyarakat,"
Muara Teweh (Antara Kalteng) - Warga Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah meminta penggunaaan mobil dinas baik di lingkungan pemerintah daerah maupun DPRD sesuai peruntukannya.

"Saat ini banyak mobil dinas yang tidak benar-benar digunakan untuk kegiatan pelayanan masyarakat," kata seorang warga Muara Teweh Muhammad Iksan, Rabu.

Menurut dia, anggaran pembelian mobil dinas tersebut merupakan uang dari rakyat, sehingga penggunaannya perlu diawasi ketat.

Sebab tujuan pembelian mobil dinas itu adalah untuk kepentingan pelayanan kepada masyarakat bukan untuk kepentingan pribadi atau keluarga oknum penerima pinjam pakai mobil dinas.

"Saya banyak melihat penggunaan mobil dinas itu hanya digunakan untuk kepentingan keluarga, sedangkan pelayanan kedinasannya malah tak digunakan. Dan lebih tragisnya lagi, mobil yang dipinjam pakai itu tak begitu dirawat, dibiarkan parkir kena hujan panas tanpa adanya atap atau pelindung," katanya.

Selain itu kurangnya pemiliharaan atau perawatan terhadap mobil dinas tersebut disebabkan yang bersangkutan telah banyak memiliki mobil pribadi bahkan milik mereka justru cukup mewah jika dibandingkan dengan mobil dinas yang ada.

Lebih baik dan bijaksana jika seorang penerima pinjam pakai mobil dinas tersebut menyerahkan kembali kepada pemerintah daerah untuk penggunaannya, sebab banyak dinas-dinas terkait yang membutuhkan mobil tersebut untuk kepentingan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami bukannya iri, tetapi sayang jika mobil yang dibeli dari hasil pajak yang dibayarkan masyartakat hanya digunakan untuk kepentingan keluarga, bukan untuk kepentingan masyarakat. Maka dari itu, saya berharap agar mobil yang ada digunakan secara benar untuk pelayanan, sebab bukan cuma-cuma mengasihkan mobil dinas tersebut," ujarnya.



(T.K009/B/S019/S019)