Presiden Tiongkok Xi Jinping Hadiri KAA Di JCC

id Xi Jinping , Presiden Tiongkok Xi Jinping Hadiri KAA Di JCC

 Presiden Tiongkok Xi Jinping Hadiri KAA Di JCC

Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping (kiri) didampingi Ibu Negara Peng Liyuan (kanan) tiba di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (22/4) dini hari. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan) Istimewa

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping tiba di Balai Sidang Jakarta (JCC) pada Rabu, pukul 09.00 WIB, untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60.

Selain menghadiri pertemuan tingkat tinggi KAA, Presiden Xi juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo.

Menurut rencana, Presiden Xi akan berada di Indonesia hingga penutupan Peringatan ke-60 Tahun KAA di Bandung dan akan mengikuti napak tilas KAA 1955 dari Hotel Savoy Homann, Gedung Merdeka, hingga Alun-Alun Kota Bandung.

Agenda utama pada pertemuan tingkat tinggi KAA hari pertama adalah pembukaan oleh Presiden Jokowi dan penyampaian pidato dari wakil negara Asia dan Afrika.

Menurut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir, secara keseluruhan, peserta pertemuan tingkat tinggi KAA pada 22-23 April berasal dari 106 negara terdiri atas 21 pemimpin negara, 80 wakil pemimpin negara (wakil presiden/perdana menteri), dan sisanya merupakan utusan khusus dan pejabat tingkat tinggi.

Selain itu, sepuluh organisasi internasional juga akan hadir dalam pertemuan tingkat tinggi KAA, antara lain PBB, Uni Afrika, ASEAN, Bank Pembangunan Asia (ADB), Liga Arab, dan South Center.

Arrmanatha juga mengonfirmasi ketidakhadiran Sekjen PBB Ban Ki-moon dalam KAA, namun belum dapat memastikan siapa yang akan mewakilinya.