Kades Di Barito Selatan Dapat Kendaraan Operasional

id Kades Di Barito Selatan Dapat Kendaraan Operasional

Buntok (Antara Kalteng) - Semua kepala desa di kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah rencananya akan mendapatkan kendaraan operasional pada tahun ini.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMPD) Barsel, Surya Eka Thano, SE mengatakan, kendaraan operasional yang akan disalurkan itu ada dua jenis yakni kendaraan roda dua dan speed boat.

"Bagi wilayah desanya yang berada di daratan rencananya akan mendapatkan kendaraan roda dua, sedangkan desa yang berada dibantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito akan mendapatkan speed boat," katanya di Buntok, Rabu.

Ia menjelaskan, kendaraan tersebut, dimaksudkan untuk membantu operasional kepala desa, karena mereka merupakan ujung tombak pemerintahan yang ada di tingkat desa.

"Sedangkan untuk pendanaan pengadaan kendaraan operasional bagi kades itu bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) pada tahun anggaran 2015," ungkap Eka Surya Thano.

Menurut dia, hal tersebut dilakukan berdasarkan hasil kesepakatan antara pihaknya dengan pemerintahan desa yang mana fungsinya untuk menunjang kades dalam menjalankan tugas.

"Kendaraan akan disalurkan setelah para kades sudah menyampaikan laporan pertanggungjawaban ADD pada tahun 2014," ungkap dia.

Jika para kades tidak menyampaikan laporan, kata Eka Surya Thano, maka desa yang bersangkutan tidak mendapatkan kendaraan operasional, karena kendaraan itu rencananya akan disalurkan pada pencairan ADD semester pertama.