Sukamara Berharap Jadi Tuan Rumah Puncak Hari Pramuka Kalteng

id Sukamara Berharap Jadi Tuan Rumah Puncak, Hari Pramuka Kalteng

Acara pelantikan Mabicab dan pengurus Kwarcab. Untuk Ketua Mabicab terpilih H Windu Subagio dan Sekretaris H Sumantri HW, sedangkan Ketua Kwarcab, H Ahmad Zunani serta Sekretaris, Mat Saleh. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antara Kalteng) – Wakil Bupati Sukamara Kalimantan Tengah H Windu Subagio mengatakan Pemerintah Kabupaten Sukamara mengharapkan agar pelaksanaan hari puncak gerakan Pramuka tingkat Kalimantan Tengah, Kabupaten Sukamara dapat dipercaya menjadi tuan rumah.

"Saya sangat berharap pada peringatan hari pramuka ke-56 tingkat provinsi Kalimantan Tengah tahun 2017 nanti dipercayakan kepada kita untuk dilaksanakan di kabupaten Sukamara,” kata Windu di Sukamara, rabu

"Maka dari itu, saya instruksikan kepada ketua kwartir cabang gerakan pramuka Sukamara bersama dengan instansi terkait untuk merencanakan kegiatan dimaksud dan melakukan berkoordinasi dengan kwarda provinsi Kalimantan Tengah,” lanjutnya.

Menurutnya, kaum muda adalah penerus pembangunan bangsa dalam mewujudkan tujuan nasional Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dimana generasi muda harus dibekali dengan pemahaman karakter dan ideologi bangsa yang kuat, serta cita-cita luhur Proklamasi 17 Agustus 1945.

"Selain itu sering kita dengar dan ketahui bersama perseteruan atau pun perkelahian anak-anak muda masih sering terjadi, oleh karena itu pendidikan kepramukaan sangat penting diberikan sejak usia dini," katanya.

Melalui  pendidikan kepramukaan juga diharapkan  bisa perekat persatuan dan kesatuan,  dalam menumbuhkembangkan semangat nasionalisme dan patriotisme yang berkualitas, sehingga generasi muda dapat meningkatkan perannya dalam pembangunan bangsa sebagai perwujudan  cita-cita proklamasi kemerdekaan negara indonesia tercinta ini.

Ia mengatakan, gerakan Pramuka tetap relevan dengan perkembangan zaman, walaupun era globalisasi penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, akan tetapi manusia tetap merupakan faktor penentu yang paling utama.

Oleh karena itu, menurut Windu selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Sukamara, akan berupaya semaksimal mungkin mendukung kegiatan kepramukaan di kabupaten ini untuk memenuhi apa yang telah diisyaratkan dalam UU nomor  12 tahun 2011 tentang Gerakan Pramuka.

Di samping itu juga, Windu berharap kepada seluruh ketua kwartir  ranting, pimpinan satuan karya dan ketua majelis pembimbing gugus depan untuk senantiasa meningkatkan kegiatan kepramukaan di masing-masing satuan, agar keberadaan kegiatan kepramukaan benar-benar dirasakan dan dibutuhkan oleh masyarakat sebagai salah satu pilar pembangunan di kabupaten Sukamara.

Pada acara pelantikan Mabicab dan pengurus kwarcab, untuk ketua Mabicab adalah H Windu Subagio dan sekretaris H Sumantri HW sedangkan Ketua Kwarcab, H Ahmad Zunani serta Sekretaris, Mat Saleh.


Pewarta :
Editor : Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar