Pengurus KONI Barito Utara Dikukuhkan

id KONI Barito Utara, bupati barito utara

Pengurus KONI Barito Utara Dikukuhkan

Bupati Barito Utara, Nadalsyah menerima bendera setelah dikukuhkan sebagai KONI masasa bakti 2015-2019 dari Ketua KONI Kalteng, Thampunah Sinseng di Muara Teweh, Jumat. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antara Kalteng)- Sebanyak 34 pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) masa bakti 2015-2019 Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah dikukuhkan.

Pengukuhan pengurus KONI itu dilakukan Ketua Umum KONI Provinsi Kalimantan Tengah, Thampunah Sinseng disaksikan Bupati Barito Utara, Nadalsyah sekaligus sebagai Ketua KONI setempat di Muara Teweh, Jumat.

Pengukuhan itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) KONI Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 22 tahun 2015 tentang pengukuhan personalia pengurus KONI Barito Utara periode 2015-2019.

Bupati Barito Utara, Nadalsyah mengatakan kemampuan seorang pengurus yang dapat menguasai manajerial organisasi sangatlah berdampak pada perkembangan dan kemajuan sebuah program kerja yang terarah dan terencana serta penempatan personil yang memiliki profesionalisme dan loyalitas terhadap kebijakan organisasi dan program pemerintah kabupaten.

"Dengan terpilihnya pengurus KONI dan dikukuhkannya, diharapkan dapat menjawab dan mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada selama ini, lebih-lebih akan menjadikan pelopor kegiatan olahraga di Kabupaten Barito Utara yang kita cintai ini," katanya.

Nadalsyah menjelaskan pengukuhan suatu organisasi olahraga merupakan rangkaian yang mesti dilaksanakan sebagai wujud legitimasi dalam menjalankan program kerja, baik program jangka pendek maupun jangka panjang.

Sehingga ke depan KONI Barito Utara dapat kembali menjalankan roda organisasi dengan mengedepankan profesionalisme dan akuntabel dalam pelaporan kegiatan.

"Pengurus KONI pada periode ini harus mampu mengayomi insan penggiat olahraga melalui pembinaan cabang olahraga dengan menanamkan nilai-nilai positif dan konstruktif bagi pembinaan generasi muda," kata Bupati.

Selain menyalurkan bakat, katanya juga sebagai sarana pembinaan kemampuan fisik yang prima yang berkepribadian kuat dan mentalitas tangguh, mampu menumbuhkan jiwa sportifitas dan membangkitkan semangat juang patriotisme serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Apalagi Barito Utara ditunjuk sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi tingkat Kalteng ke-11 tahun 2018," ujar Nadalsyah.

Dia mengatakan perkembangan olahraga di daerah ini pada setahun terakhir mengalami peningkatan yang cukup baik dan signifikan di tingkat pelayanan kepada cabang olahraga maupun pembinaan dan prestasi.

Hal ini terbukti dengan diraihnya beberapa prestasi yang membanggakan diri baik tingkat regional, nasional bahkan internasional sehingga perlu mendapat apresiasi dan pembinaan yang terus menerus.

"Prestasi ini tetap terjaga dan membawa nama baik Barito Utara dalam bidang olahraga maupun lainnya," jelas dia.