AKBP Nurhandono Jabat Kapolres Barito Utara

id AKBP Nurhandono Jabat Kapolres Barito Utara

Kapolres Barito Utara, AKBP Nurhandono disambut pedang pora oleh sejumlah perwira di Mapolres Barito Utara di Muara Teweh, Senin (226). (FOTO ANTARA Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - AKBP Nurhandono menjabat Kapolres Barito Utara, sebelumnya menjabat Kapolres Gunung Mas, Kalimantan Tengah menggantikan AKBP Deni S Utomo yang ditarik ke Mabes Polri.

Penyambutan Kapolres yang baru itu dilakukan adat suku Dayak "potong hompongm" dengan aneka buah-buahan yang diikat dan gantungkan pada sebuah kayu melintang yang biasanya digunakan dalam prosesi penyambutan tamu agung yang datang di halaman Mapolres Barito Utara di Muara Teweh, Senin.

Sebelum masuk ke halaman Mapolres Barito Utara, Kapolres baru disambut dengan pengalungan bungan dan tari selamat datang. Kedatangan Kapolres baru ke halaman Mapolres Barito Utara segera disambut dengan tradisi Pedang Pora khas Polri.

Usai prosesi penyambutan Pedang Pora, Kapolres baru langsung menyalami anggotanya menunggu di halaman Mapolres. Kapolres Barito Utara, AKBP Nurhandono mengucapkan terima kasih dengan acara penyambutan oleh Polres Barito Utara.

"Terus terang kami tadi sangat kaget dengan penerimaan ini. Dimana setiap penerimaan tamu selalu berbeda disetiap Kabupaten. Kalau sebelumnya kami di Kabupaten Gunung Mas berbeda, dan disini juga berbeda dalam penyambutan," kata Kapolres Nurhandono didampingi Ketua Cabang Bhayangkari Ny Lili Nurhandono.

Dikatakannya, disetiap Kabupaten dalam penerimaan tamu yang datang memiliki ciri khas dan karakter masing-masing. Ia juga mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat turut mendukung Polri dalam hal ini Polres Barito Utara dalam menciptakan situasi kamtibmas di Kabupaten Barito Utara yang kondusif.

"Tentunya saya diperintahkan negara, melalui pimpinan Polri untuk bisa menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Barito Utara, dan juga melayani, melindungi dan mengayomi serta menegakkan hukum dengan tujuan agar masyarakat Barito Utara tetap aman dan kondusif," kata Nurhandono.

Serahterima kedua kapolres itu dilakukan oleh Kapolda Kalteng Brigjen Pol Fakhrizal pada Rabu (17/6) di Mapolda Kalteng Palangka Raya

Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar