Pengusaha Inggris Siap Bantu Bangun Kota Bandung

id Pengusaha Inggris Siap Bantu Bangun Kota Bandung, Inggris Siap Bantu, pengusaha di Inggris yang tergabung dalam UK ASEAN Business Council

Pengusaha Inggris Siap Bantu Bangun Kota Bandung

Walikota Bandung Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Agus Bebeng)

London (ANTARA News) - Para pengusaha di Inggris yang tergabung dalam UK ASEAN Business Council menyatakan kesiapan untuk membantu Walikota Bandung Ridwan Kamil dalam membangun kota Bandung.

Kesiapan pengusaha Inggris disampaikan dalam acara presentasi Walikota Ridwan Kamil di depan kalangan pebisnis Inggris yang diadakan UK-ASEAN Business Council, di Benoy,  London, kata Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI London, Hastin Aristya Bakti Dumadi kepada Antara London, Selasa.

Ridwan Kamil bersama Ridwahsyah Yusuf Achmad, Co Founder Bandung Strategic Leadership Forum mengadakan kunjungan kerja ke Inggris dari tanggal 22 hingga 28 Juni. Selain menghadiri pertemuan dengan Kepala Generation Investment Management Al Gore, mereka  juga bertemu dengan para pengusaha di Inggris.

Ridwan Kamil kepada Antara London, Senin mengatakan kunjungannya kerjanya ke Inggris dalam rangka menjalin kerjasama dengan berbagai pihak selain mengikuti berbagai forum bisnis. "Ada sekitar 15 agenda pertemuan yang harus saya ikuti," ujar Walikota Ridwan Kamil.

Pertemuan diawali dengan mengikuti roundtable presentation dengan pengusaha yang tergabung dalam UK-ASEAN Business Council, yang juga dihadiri Dutabesar RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia , Hamzah Thayeb dan Economi Affair Minister Counsellor KBRI London Masriati Lita Saadia Pratama.

Ridwan Kamil memberikan paparan mengenai peluang investasi yang bisa dilakukan pebinis Inggris di London dan secara khusus mengundang perusahaan Inggris yang bergerak di sektor keselamatan transportasi berinvestasi di Bandung

Dikatakannya Bandung menjadi salah satu dari 10 kota yang dipilih oleh Bloomberg untuk proyek peningkatan keselamatan transportasi, ujar ketua asosiasi walikota se-pulau Jawa.

Meskipun keterbatasan dana selalu menjadi kendala, namun melalui peningkatan kerja sama dengan berbagai pihak termasuk kalangan bisnis Inggris diharapkan dapat mendukung pembangunan Bandung.

Sementara itu, Executive Director UKABC, Ross Hunter menanyakan bagaimana mengembangkan bisnis di Bandung karena adanya pandangan di kalangan bisnis di Inggris adalah Nothing is easy, but everything is possible. Ridwan menyebutkan untuk Bandung semua ijin-ijin usaha dilakukan secara online.

Ridwan Kamil mengatakan sebagai pro bisnis, ia mengajak para pengusaha Inggris untuk ikut membangun kota Bandung. Diakuinya kunjungan kerja nya di Inggris cukup padat selain diundang Al Gore untuk membangun koalisi global warming untuk membuat konsep perkotaan yang akan dapat mengurangi ketergantungan pada kendaraan.

Delegasi Ridwan Kamil juga akan mengadakan pertemuan dengan arsitek Jardine karena Bandung akan membangun concert hall berskala internasional seperti halnya di Singapura. Selama di London ia juga akan mengunjungi proyek proyek transportasi yang ada di Inggris karena Bandung akan membangun monorail .