Warga Barsel Diimbau Waspada Bahaya Kebakaran

id kebakaran di barsel, desa pamait, rumah di buntok terbakar, UPTD pemadam kebakaran barsel

Warga Barsel Diimbau Waspada Bahaya Kebakaran

Warga sedang berupaya memadamkan kobaran api yang membakar dua unit rumah di Jalan AMD 1 Buntok Barsel pada Kamis (30/7/2015) siang sekitar pukul 13.30 WIB. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Unit Pelaksana Teknis Daerah Pemadam Kebakaran, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengimbau masyarakat waspada bahaya kebakaran karena kini memasuki musim kemarau.

Kepala UPTD Pemadam kebakaran Barsel Untung Purbaya, S. AP di Buntok, menyatakan imbauan tersebut untuk terus meningkatkan kewaspadaan bahaya kebakaran memasuki musim kemarau 2015.

"Ini penting dilakukan mengingat dalam beberapa hari terakhir sudah terjadi kebakaran sebanyak dua kali yang menyebabkan empat unit rumah warga terbakar di wilayah tersbeut," katanya.

Dia meminta warga memeriksa kompor setelah mamasak serta matikan alat elektronik apabila sudah tidak digunakan lagi dan jika ditemukan instalasi listrik yang rusak segera diperbaiki.

Ini perlu dilakukan mengingat pemicu kebakaran terkadang terjadi karena pemilik rumah, terutama kalangan ibu rumah tangga lupa mengontrol kompor setelah memasak di dapur.

Di samping itu penggunaan alat elektronik dan instalasi listrik yang rusak juga berisiko tinggi terhadap kebakaran, karena kebanyakan peristiwa kebakaran berawal dari arus pendek listrik.

Ia juga mengingatkan masyarakat agar jangan sembarangan membuang puntung rokok dan membakar sampah, karena bisa berpotensi menyebabkan kebakaran lahan dan hutan.

Pada bagian lain dia mengatakan, UPTD Damkar Barsel tetap seperti biasanya telah menyiagakan personel dan peralatan dalam upaya untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

"Kita memiliki enam unit mobil pemadam kebakaran ditambah satu unit mobil pemandu jenis pick-up. Semua ini dipersiapkan untuk membantu masyarakat bila terjadi kebakaran," katanya.

Terkait jumlah personel pemadam kebakaran Barsel, kata Untung Purbaya, kini tercatat 26 orang yang dibagi dalam tiga regu. Mereka bertugas membantu masyarakat bila terjadi kebakaran.