Derbi Kalimantan, Martapura FC Kalah 2-3 dari Persiba Balikpapan

id martapura FC, persiba balikpapan, derbi kalimantan

Derbi Kalimantan, Martapura FC Kalah 2-3 dari Persiba Balikpapan

Pesepak bola Martapura FC M. Husein (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Persiba Balikpapan Yudi Khoirudin (kanan) dalam laga lanjutan Piala Presiden 2015 di Stadion Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, Minggu (6/9). Persiba menang 3-2 atas lawanny

Bandung (Antara Kalteng) - Tim sepakbola Martapura FC Tim harus mengakui kekalahannya dari Persiba Balikpapan dengan skor 2-3 pada "Derbi Kalimantan" Grup A di Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Kabupaten Bandung, Minggu.

Gol kemenangan Persiba dicetak oleh Bayu Pradana menit ke-62 dan 70, dilengkapi oleh Solehudin menit ke-73. Sedangkan gol balasan Martapura dicetak oleh Syaifullah Nazar menit ke-20 dan Isnan Ali pada injury time babak kedua.

Dengan kemenangan itu, maka Persiba Balikpapan membuka peluang untuk bersaing lolos ke babak kedua dari grup A setelah mengemas tiga angka hasil kemenangan atas Martapura. Persiba berhasil bangkit dan melupakan kekalahan telak pada laga pertama saat dijamu Persib Bandung 0-4.

Tim Persiba yang dimotori gelandang Bayu Pradana dan kapten tim I Made Wirahadi itu harus all out pada laga terakhir melawan Persebaya Surabaya untuk bisa mewakili grup A.

Sebaliknya, kekalahan dari Persiba membuat Martapura FC kian berat untuk melangkah ke babak berikutnya. Terlebih pada laga ketiganya atau terakhir di grup A Persib harus berhadapan dengan tuan rumah Persib Bandung yang saat ini sudah tampil komplit setelah hadirnya gelandang Makan Konate.

Martapura FC sementara di dasar klasemen grup A dengan nilai satu hasil sekali seri dan sekali kalah.

Kendati tertinggal satu gol pada babak pertama, tidak menyurutkan daya juang tim Persiba asuhan pelatih Edward Tjong yang justeru tampil luar biasa dan menguasai permainan.

Penyerang Martapura, Syaifullah Nazar mengejutkan kubu Persiba setelah membobol gawang Jandia Eka Putra menit ke-20. Hingga akhir babak pertama kedua tim tidak bisa menambah gol.

Namun pada babak kedua, Persiba yang tertinggal lebih banyak melakukan inisiatif penyerangan, memanfaatkan celah lini belakang tim Martapura.

Perjuangan tim Balikpapan itu membuahkan hasil pada menit ke-62. Bayu Pradana yang mendapat kesempatan tendangan bebas mampu membobol gawang Martapura yang dikawal Faizal Mubarok setelah bola membentur barisan benteng pertahanan tim asuhan Frans Sinatra Huwae itu.

Pada pertengahan babak kedua, Martapura kehilangan konsentrasi. Sebuah tandukan Bayu Pradana membuat Persiba berbalik unggul pada menit ke-70. Dan berselang tiga menit kemudian giliran Solehudin membobol gawang Mubarok setelah tembakannya meluncur deras tanpa mampu disentuh benteng Martapura itu.

Memasuki akhir babak kedua, Martapura meningkatkan serangan dengan memasukkan Isnan Ali. Beberapa serangan nyaris membuahkan gol, Rizky Pora sempat melakukan tembakan namun masih melenceng.

Dan gol kedua Martapura lahir pada injuri time, dalam sebuah serangan, Isnan Ali melancarkan tembakan spekulasi yang ternyata memperdaya kiper Jandia Eka Putra sehingga kedudukan berubah 2-3.

Namun sisa waktu semenit pada perpanjangan waktu babak kedua itu tidak cukup bagi Martapura untuk menyamakan kedudukan. Hingga pluit panjang dibunyikan wasit kedudukan tetap 2-3 untuk Persiba Balikpapan.

Susunan pemain Martapura FC: Fauzal Mubaraq, Erwin Gutawa,  Hussein, Dedi Hartono, Fahreza, Marshaell, Amrul,  Rizky Pora, Charles Orock, Syaifullah, Ady Setiawan.

Persiba: Jandie Eka, Arifki, Yudi Khoiruddin, Absor, Frengki, Arwin, Bayu Pradana, Rendi Saputra, Rahel, Suheri, I Made Wirahadi.