Ini Prediksi Barcelona VS Leverkusen

id Ini Prediksi Barcelona VS Leverkusen, Bayer Leverkusen, Camp Nou, Barcelona

Ini Prediksi Barcelona VS Leverkusen

Pemain Barcelona merayakan kemenangan mereka di Liga Champions di atas sebuah bus atap terbuka saat parade perayaan di Barcelona, Spanyol, Minggu (7/6). (REUTERS/Albert Gea)

Leo Messi tidak tergantikan. Kami harus mencari dan memainkan gaya yang sama dengan mengandalkan para pemain yang berbeda
Barcelona (ANTARA News) - Energi terbesar dan termewah yang dimiliki Barcelona satu saja yakni mempertahankan gelar Liga Champions. Blaugrana membuka lebar-lebar gerbang Camp Nou untuk menjamu sang tamu dari Bundesliga yakni Bayer Leverkusen.

Barcelona menerima tidak sedikit puja-puji sebagai tim favorit meraih predikat sebagai juara grup. Setelah dipaksa bermain imbang dengan AS Roma dalam dua pekan lalu, sang juara bukan tanpa kendala, salah satunya cedera lutut Lionel Messi. Pemain berjuluk La Pulga harus absen selama delapan pekan atau tidak turun bertanding dalam delapan palagan.

Barcelona akan menghadapi Bayer Leverkusen dalam laga kedua babak penyisihan Grup E yang digelar di Camp Nou, Barcelona, pada Selasa waktu setempat, atau Rabu dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Barcelona mengawali musim kompetisi tidak dengan hasil terbaik. Lini pertahanan menjadi keprihatinan utama, bahkan bukan tidak mungkin menjadi bulan-bulanan pemain depan Leverkusen.

Tim asuhan pelatih Luis Enrique itu hanya menorehkan dua clean sheets dalam 10 pertandingan. Capaian ini tentu saja mencuat ke permukaan lantaran tidak sedikit pandit sepak bola negeri Matador menyebut bahwa Los Azulgrana belum menunjukkan ragam kreativitas dalam membangun serangan bertuah gol. Penyebabnya dua saja: masalah penyelesaian akhir dan semangat tim yang kerapkali turun naik.

Barcelona lekat dengan produktivitas gol. Musim lalu, Lionel Messi dan kawan-kawan melesakkan lebih dari tiga gol dalam satu pertandingan; musim ini mereka hanya mengemas dua gol.

Ketika berbicara mengenai penampilan, masalah rentetan cedera mengusik dan menyita perhatian skuat. Tercatat sejak 5 Agustus, sebanyak 13 pemain dibekap cedera. Mereka yakni Adriano Correia, Jordi Alba, Danis Alves, Claudio Bravo, Douglas Pereira, Rafinha, Alcantara, Sandro Ramires, Thomas Vermaelen, Jeremy Mathieu, Sergi Roberto, Arda Turan, dan Neymar yang nota bene telah lebih dulu mengalami cedera.

Keprihatinan utama justru meletak kepada satu pertanyaan, apakah Messi dapat segera pulih dari cedera lutut? Pertanyaan ini muncul bukan tanpa alasan mengingat Barcelona hampir lekat dengan Messi, meski kolektivitas merupakan roh sepak bola.

Bayer Leverkusen mengawali musim di Bundesliga dengan meraih hasil positif setelah menyabet dua kemenangan beruntun atas Mainz 05 dan Werder Bremen. Tim asuhan pelatih Roger Schmidt juga memetik kemenangan dalam laga pertama Liga Champions ketika melawan Bate Borisov (Belarus) 4-1 (16/9), dan mengaramkan Werder Bremen 3-0.

Kekuatan Leverkusen meletak kepada gaya bermain yang ofensif dengan tiada henti menjaga kedalaman dan piawai melakukan rotasi ketika menggelontorkan serangan. Pasukan asal Jerman ini mampu tampil dengan tempo permainan yang tinggi, dan tidak kehilangan energi kreatif meski tidak dihuni sederet pemain bintang.

Leverkusen menyambangi Camp Nou untuk menghadapi salah satu tim kelas dunia yang mengandalkan penguasaan bola. Jagoan dari La Liga ini siap tiada henti terus menekan lawan dari menit awal sampai menit akhir pertandingan.

Lini ofensif Leverkusen mengandalkan skema serangan balik yang cepat bermodal Julian Brandt and Karim Bellarabi, sementara Hakan Çalhanoglu tercatat sebagai salah satu pemain terbaik dunia dalam mengambil set-piece dan kerapkali membuka banyak kesempatan dari tendangan pojok. Tim Bundesliga ini juga diperkuat sederet striker jempolan, sebut saja  Kevin Kampl, Stefan Kiessling dan Chicharito Hernández.
 
Komentar dua pelatih: (UEFA.com)
 
* Luis Enrique (Barcelona):
"Bayer Leverkusen punya lini pertahanan kokoh. Mereka sangat kuat secara fisikm dan mereka mampu tampil gemilang dalam kompetisi musim lalu. Bayer sedikit berbeda dengan klub-klub lain di Bundesliga. Pertandingan bakal berlangsung menarik."

"Leo Messi tidak tergantikan. Kami harus mencari dan memainkan gaya yang sama dengan mengandalkan para pemain yang berbeda. Tantangannya, tetap tampil kompetitif tanpa diperkuat pemain terbaik kami. Adriano tidak berlatih hari ini; Jordi Alba dan Claudio Bravo siap turun bertanding dan kami akan berusaha semaksimal mungkin agar mereka bermain." 

* Roger Schmidt (Bayer Leverkusen):
"Bayern punya banyak kesamaan dengan Barcelona meski saya berpikir banyak juga perbedaan. Saya tidak menganggap bahwa pertandingan ini melawan Bayern, tetapi sekarang kami melawan Barcelona."

"Kami berusaha sekuat kemampuan menampilkan permainan terbaik dan kami percaya penuh kepada kemampuan yang kami miliki. Kami siap bertahan dengan kokoh dan siap melancarkan serangan yang efektif dan efisien."

"Kami akan coba mencetak gol. Jika kami mampu melesakkan gol maka kami beroleh hasil positif di sini. Roberto Hilbert telah menerapkan skema latihan yang mengandalkan kemampuan inidividu dalam dua hari terakhir ini, untuk itu kami besar kemungkinan meraih kemenangan."

Prediksi susunan pemain:

* Barcelona (4-3-3):
Ter Stegen (penjaga gawnag), Alba, Mascherano, Pique, Dani Alves, Iniesta, Busquets, Rakitic, Neymar, Suarez, Munir
Pemain cadangan:
Masip, Bartra, Mathieu, Douglas, Sergi Roberto, Sandro, Gerard
Absen: Messi, Vermaelen, Rafinha, Bravo, Adriano (cedera)

* Bayer Leverkusen (4-2-3-1):
Leno (penjaga gawang), Donati, Papadoupoulos, Tah, Wendehl, Bender, Kramer, Bellarami, Calhanouglu, Kampl, Kiessling
Pemain cadangan:
Kresic, Ramalho, Boenisch, Brandt, Yurchenko, Chicharito, Mehmed
Absen: Jelvaj, Toprak, Aranquiz, Hilbert (cedera)

Data dan fakta: (Opta Facts):

* Barcelona meraih lima kemenangan terakhir melawan Bayer Leverkusen di ajang Liga Champions, melesakkan 16 gol dan kemasukan empat gol. Leverkusen hanya meraih kemenangan melawan Blaugrana pada laga September 2001 meski laga itu digelar di Jerman (2-1).
* Leverkusen menderita tiga kekalahan dalam laga tandang melawan Barcelona di ajang Liga Champions (mencetak dua gol, kemasukan 11). Perjalanan terakhir mereka ke Camp Nou berakhir dengan kekalahan 1-7 pada leg II babak 16 besar Liga Champions 2011/12.
* Barcelona tidak pernah gagal meraih kemenangan dalam dua laga pertama di babak penyisihan Liga Champions sejak diberlakukan format baru pada 2003/04.
* Bayer Leverkusen tidak pernah menang dalam dua laga pertama di babak penyisihan grup di ajang Liga Champions.
* Barcelona meraih 26 kemenangan dari 33 pertandingan Liga Champions yang digelar di Camp Nou (enam kali imbang, sekali kalah). Mereka hanya kalah ketika melawan Bayern Muenchen pada semi-final 2012/13 dengan skor 0-3.
* Barcelona mencatat tiga clean sheet dalam laga Camp Nou pada 2015, menang 1-0 melawan Manchester City, 2-0 melawan Paris Saint Germain, 3-0 melawan Bayern Muenchen.   * Barcelona berusaha menjadi tim yang kembali mempertahankan juara Liga Champions, sebelumnya AC Milan melakukan hal yang serupa. Rossoneri mewujudkannya pada 1989 dan 1990.    
    
Top Players (Whoscored.com):

* Ratings: 
Barcelona:
L. Messi (7,6)
A. Iniesta (7,56)
J. Mathieu (7,13)

Leverkusen:    
K. Bellarabi (9,23)
H. Calhanoglu (8,91)
K. Kampl     (8,3)

* Jumlah gol yang dicetak pemain:
Barcelona:
L. Suárez     (1)
I. Rakitic     (0)
J. Mathieu (0)
    
Leverkusen:
H. Calhanoglu (2
J. Hernández (1)
A. Mehmedi (1)

* Assists:
Barcelona:
I. Rakitic (    1)
J. Mathieu (0)
M. t. Stegen (0)
    
Leverkusen:
K. Bellarabi (1)
H. Calhanoglu (1)
K. Kampl     (1)
  
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang) 

* Barcelona: W L W D W

26/9/15 Barcelona 2 - 1 Las Palmas
23/9/15 Celta Vigo 4 - 1 Barcelona
20/9/15 Barcelona 4 - 1 Levante
16/9/15 AS Roma 1 - 1 Barcelona
12/9/15 Atlético Madrid 1 - 2 Barcelona

* Bayer Leverkusen: W W L W L

26/9/15 Werder Bremen 0 - 3 Bayer Leverkusen
23/9/15 Bayer Leverkusen 1 - 0 Mainz 
20/9/15 Borussia Dortmund 3 - 0 Bayer Leverkusen
16/9/15 Bayer Leverkusen 4 - 1 BATE Borisov
12/9/15 Bayer Leverkusen 0 - 1 Darmstadt 1898

Head To Head:
 
7/3/12 Barcelona 7 - 1 Bayer Leverkusen
14/2/12 Bayer Leverkusen 1 - 3 Barcelona
10/3/03 Barcelona 2 - 0 Bayer Leverkusen
26/11/02 Bayer Leverkusen 1 - 2 Barcelona
16/10/01 Barcelona 2 - 1 Bayer Leverkusen

Prediksi tiga laga (Goal.com): 
 
* Barcelona 4- 0 Bayer Leverkusen
* Barcelona 0 - 0 Bayer Leverkusen
* Barcelona 2 - 1 Bayer Leverkusen

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Barcelona: 3
* Leverkusen: 2