PDAM Barsel Raih Predikat Cukup Sehat BPKP

id PDAM Barsel, Raih Predikat Cukup Sehat BPKP, Plt Direktur PDAM Barsel, Mariyanto

PDAM Barsel Raih Predikat Cukup Sehat BPKP

Plt Direktur PDAM Barsel, Mariyanto. (Foto Antara Kalteng/ Bayu Ilmiawan)

Berdasarkan hasil penilaian tersebut, PDAM Barsel mendapat penilaian 48,87 persen atau cukup sehat dan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya,"
Buntok (Antara Kalteng) - Perusahaan Daerah Air Minum Daerah Kabupaten Barito Selatan pada 2015 meraih predikat cukup sehat dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan perwakilan provinsi Kalimantan Tengah.

"Hal itu berdasarkan hasil evaluasi BPKP terhadap kinerja PDAM Barsel pada tahun 2014 lalu," kata Plt Direktur PDAM Barsel, Mariyanto, S. AP didampingi Kepala Administrasi dan keuangan Bond Bella di Buntok, Senin.

Aspek penilaian yang dilakukan BPKP tersebut dilihat dari beberapa aspek yang diantaranya aspek keuangan dan operasional maupun administrasi PDAM tahun 2014 lalu.

"Berdasarkan hasil penilaian tersebut, PDAM Barsel mendapat penilaian 48,87 persen atau cukup sehat dan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya," ucap Mariyanto.

Hasil penilaian kinerja PDAM yang dilakukan BPKP tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang mana pada tahun sebelumnya hanya meraih 43, 57 persen atau masuk kategori sakit.

Dengan adanya peningkatan status yang telah diraih ini, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin agar bisa meraih predikat yang lebih baik lagi pada tahun mendatang.

"Ada tiga aspek Penilaian BPKP, yakni kategori sehat, kategori cukup sehat dan kategori sakit,"jelas Mariyanto yang menjabat sebagai Plt Direktur PDAM selama 1,7 tahun itu.

Dia menyatakan bersyukur karena melalui pencapaian ini, secara otomatis PDAM Barsel berhasil meningkatkan pendapatan serta dapat meminimalisir kerugian yang dialami selama dua tahun yakni dari tahun 2012 sampai 2013 lalu.

Oleh karena itu, pada 2015, pihaknya kembali membuat terobosan dan melakukan perbaikan managemen secara menyeluruh, terarah dan teratur sehingga tahun 2016 mendatang bisa meraih predikat lebih baik lagi.

"Dengan adanya terobosan dan perbaikan yang dilakukan ini, kita optimistis pada tahun 2016 mendatang, PDAM Barsel mampu meraih predikat sehat dari BPKP," ujar Mariyanto.