Persiapan HPS Tingkat Kalteng Capai 100 Persen

id Persiapan HPS Tingkat Kalteng, Hari Pangan Sedunia, Sekretaris Panitia HPS Illias

Persiapan pelaksanaan HPS tingkat Provinsi Kalteng di Seruyan pada 5 November mendatang sudah 100 persen,"
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Persiapan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-35 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah 2015 di Kabupaten Seruyan mencapai 100 persen.

"Persiapan pelaksanaan HPS tingkat Provinsi Kalteng di Seruyan pada 5 November mendatang sudah 100 persen," kata Sekretaris Panitia HPS Illias di Kuala Pembuang, Kamis.

Ia mengatakan, dalam peringatan puncak HPS yang akan dipusatkan di halaman Rumah Jabatan Bupati Seruyan, panitia telah menyiapkan sejumlah kegiatan, diantaranya gelar teknologi tanaman, termasuk tanaman sayur, kedelai, tanaman padi maupun tanaman sayur-sayuran lainnya.

"Nanti juga ada pengenalan produk unggulan dari para petani padi dan palawija, kedelai, serta sayuran yang dalam saat ini masih dalam tahap persiapan tempat," katanya.

Ia menambahkan, selain mengenalkan berbagai tanaman, panitia akan menampilkan teknologi perikanan, terutama untuk memperkenalkan ikon Seruyan berupa Ikan Pipih.

"Ada dua kolam yang sudah kita siapkan," katanya.

Ia berharap, dengan digelarnya kegiatan HPS, dapat mengangkat nama Kabupaten Seruyan sebagai salah satu daerah di Kalteng yang dapat diberdayakan dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan di "Bumi Tambun Bungai".

"Dan yang terpenting, peringatan HPS dapat meningkatnya kesadaran dan perhatian masyarakat khususnya yang ada di Seruyan terhadap pemanfaatan potensi sumberdaya alam untuk mewujudkan ketahanan pangan secara mandiri," katanya.

Pantauan di halaman Rumah Jabatan Bupati Seruyan bagian samping kiri, kanan, dan bagian belakang, kini telah dihiasi aneka tanaman sayuran dan buah-buahan di antaranya, pisang kepok, palawija, padi, kangkung, semangka yang saat ini sebagian sudah siap untuk dipanen.