Wabup Sukamara: Budayakan Menanam Pohon Untuk Bangun Ekosistem

id wabup sukamra, hari menanam pohon

Wabup Sukamara: Budayakan Menanam Pohon Untuk Bangun Ekosistem

Wakil Bupati Sukamara H Windu Subagio, Kapolres Sukamara, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Sukamara Evi Andriani saat menanam pohon secara simbolis. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antara Kalteng) - Wakil Bupati Sukamara H Windu Subagio mengatakan hari menanam pohon bertujuan untuk lebih membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan seluruh masyarakat Indonesia untuk menanam  dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan. 

"Tujuan dari Hari Menanam Pohon Nasional salah satunya untuk membudayakan masyarakat kita untuk menanam pohon, dimana pohon sangat penting bagi kehidupan kita baik saat ini maupun di masa akan datang," kata Windu di Sukamara usai melakukan penanaman pohon.

Menurutnya, hari menanam pohon merupakan salah satu kegiatan sangat baik untuk melestarikan ekosistem dan melestarikan jenis pohon-pohon langka ,termasuk ulin, agar nantinya anak cucu bisa menikmati pohon-pohon langka tersebut.

Selain  itu hari penanaman pohon ini tentunya diharapkan ini menjadi suatu momen yang menimbulkan iman untuk membudidayakan pohon, karena pohon semua akan membawa suasana kerja akan semakin sejuk.

"Terhadap lahan yang sudah terbakar kita memang sudah melakukan identifikasi dimana ada lahan yang terbakar dan sebagian akan kita jadikan lahan untuk menanam pohon dan memang ada beberapa lokasi untuk ditanami kembali," ucap Windu.

"Harapannya ke depan selain kita menanam pohon untuk menambah populasi pohon yang ada serta pengkayaan terhadap lahan-lahan yang sudah menjadi hutan kecil dan terlebih penting lagi menjaga kebakaran lahan tersebut dan kita buat untuk pencegahannya," tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Sukamara Evi Andriani mengatakan kegiatan hari menanam pohon Indonesia merupakan upaya menumbuhkan budaya menanam di masyarakat yang dilakukan oleh kementerian kehutanan, selain itu untuk lebih meningkatkan  kepedulian berbagai pihak akan pentingnya penanaman dan pemeliharaan pohon yang berkelanjutan dalam mengurangi pemanasan global.

"Mungkin selama ini masyarakat memandang sebelah mata betapa pentingnya tanaman pohon yang berada di sekitar kita, saat ini sudah kita lihat lahan-lahan yang sudah kritis itu dan kegiatan rehabilitasi hutan kita masih belum maksimal dilaksanakan sehingga salah satu Hari menanam pohon ini merupakan salah satu cara untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat, karena pohon sangat penting dan bermanfaat  bagi kehidupan," ucap Evi .

Ditambahkannya, bibit yang ditanam pada hari menanam pohon sebanyak 6.000 bibit yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat, sedangkan secara simbolis penanaman yang dilakukan adalah 200 bibit. Bagi masyarakat yang ingin meminta bibit langsung saja ke Dinas Kehutanan dan Perkebunan Sukamara, dan jenis bibit yang ada seperti ketapang, mahoni, jabon, cempedak,dan petai.