Penerbangan Susi Muara Teweh-Palangka Raya Dihentikan

id Penerbangan Susi Air, Muara Teweh, Palangka Raya, Akhmad Sidik

Penerbangan Susi Muara Teweh-Palangka Raya Dihentikan

Sejumlah penumpang pesawat maskapai Susi Air tiba di Bandara Beringin Muara Teweh. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Hari ini penerbangan terakhir Muara Teweh-Palangka Raya karena kontrak kerja sama subsidi tahun 2015 telah berakhir,"
Muara Teweh (Antara Kalteng) - Maskapai Susi Air menghentikan pelayanan penerbangan bersubsidi pemerintah pusat rute Muara Teweh Kabupaten Barito Utara ke Palangka Raya, Kalimantan Tengah mulai 31 Desember 2015.

"Hari ini penerbangan terakhir Muara Teweh-Palangka Raya karena kontrak kerja sama subsidi tahun 2015 telah berakhir," kata petugas Bandara Beringin Muara Teweh, Akhmad Sidik, Rabu.

Penerbangan Susi Air bersubsidi dari pemerintah pusat untuk rute Muara Teweh-Palangka Raya pulang pergi (PP) dengan frekuensi tiga kali sepekan (Rabu, Jumat, dan Minggu) dengan harga tiket masing-masing dewasa sekitar Rp400.000.

Kontrak kerja sama bersubsidi tahun ini (2015) telah berakhir, sehingga tidak diketahui kapan lagi dibuka penerbangan tersebut hingga tahun 2016 nanti.

"Belum diketahui siapa pemenang tender penerbangan bersubsidi di Kalteng tahun depan, karena belum menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA). Diperkirakan penerbangan bersubsidi akan beroperasi lagi pada Maret 2016," katanya.

Menurut Sidik, Susi Air tetap melayani rute Muara Teweh-Balikpapan, Kalimantan Timur dan Muara Teweh-Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Penerbangan Susi Air setiap hari rute Muara Teweh ke Bandara Sepinggan Balikpapan dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin menggunakan pesawat Cessna berpenumpang 12 orang dengan harga tiket relatif mahal sekitar Rp1,5 juta/orang.

"Meski mahal namun hampir setiap hari selalu penuh penumpangnya, baik yang datang maupun berangkat," katanya.

Seorang warga, Yaser Arapat mengatakan, penghentian penerbangan Susi Air ke daerah ini sangat dirasakan warga karena transportasi udara merupakan jasa angkutan alternatif yang cepat terutama di Kabupaten Barito Utara yang letaknya di pedalaman Kalteng.

"Kalau kita menggunakan angkutan darat, jarak tempuh ke Palangka Raya relatif lama sekitar 7 jam dan ke Banjarmasin mencapai sembilan jam," katanya.

Sedangkan bila menggunakan jasa maskapai lainnya sangat menyulitkan warga karena harga tiket penerbangan relatif tinggi.

"Kami mengharapkan Pemkab Barito Utara bisa mengalokasikan dana subsidi penerbangan baik didanai APBD kabupaten maupun APBN sehingga dengan tiket murah sangat membantu warga," katanya.