Pemkab Barito Utara Salurkan Mobil Ambulan

id Pemkab Barito Utara, Salurkan Mobil Ambulan, Nadalsyah

Pemkab Barito Utara Salurkan Mobil Ambulan

Bupati Barito Utara, Nadalsyah didampingi Sekda Jainal Abidin, Kepala DPPKA Aspul Anwar saat menyerahkan mobil ambulan kepada pengurus Masjid di daerah ini, dihalaman kantor bupati setempat, Selasa (12/01).(FOTO ANTARA Kalteng/Kasriadi)

Diserahkannya mobil ambulance dan mobil jenazah ini, diharapkan bisa dapat membantu masyarakat di wilayahnya masing-masing, dan dapat menjaga serta merawat mobil ini dengan baik,"
Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah salurkan bantuan empat unit mobil ambulan, satu unit mobil jenazah dan dua unit speeda motor kepada sejumlah rumah ibadah di daerah setempat.

Penyerahan secara simbolis mobil ambulan dan mobil jenazah itu dilakukan oleh Bupati Barito Utara, Nadalsyah di halaman kantor bupati setempat di Muara Teweh, Selasa.

Kelima mobil bantuan dari pemerintah Kabupaten Barito Utara tersebut diterima oleh pengurus Masjid. Sedangkan dua buah sepeda motor diterima oleh Lurah Melayu dan PNS di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Barito Utara.

Penerima mobil ambulan adalah pengurus Masjid Nurul Hidayah RT 29 Margo Rukun Wonorejo KH 9007 EW, Masjid Al Mahabah Desa Lampeong Kecamatan Gunung Purei KH 9005 EW, Masjid Al Amin RT 19 Kelurahan Lanjas KH 9006 EW, Masjid Agung RT 20 A Kelurahan Melayu KH 9004 EW dan Masjid Al Fallah Desa Trahean Kecamatan Teweh Selatan menerima mobil jenazah, KH 9003 EW.

Dia mengatakan, penyerahan empat mobil ambulan dan satu mobil jenazah ini merupakan usulan dari masyarakat yang mana kegunaannya adalah untuk membantu masyarakat yang sedang sakit.

"Sementara di RSUD Muara Teweh masih kekurangan mobil ambulan," kata Bupati Nadalsyah didampingi Sekda Jainal Abidin, Kepala DPPKA Aspul Anwar usai menyerahkan mobil ambulance dan mobil jenazah.

Bupati Nadalsyah mengatakan, pengadaaan mobil ambulan jenis APV GL dan GX ini lengkap dengan fasilitas di dalamnya, dilaksanakan dengan menggunakan e katalog, dengan alokasi dana sebesar Rp1,2 miliar dari dana APBD Perubahan tahun 2015.

Untuk lima unit mobil ambulan yang diserahkan kepada pihak masjid ini untuk umum, artinya tidak hanya untuk kaum muslimin saja namun umat lainnya juga boleh menggunakan mobil ini jika mengalami sakit.

"Diserahkannya mobil ambulance dan mobil jenazah ini, diharapkan bisa dapat membantu masyarakat di wilayahnya masing-masing, dan dapat menjaga serta merawat mobil ini dengan baik," pintanya.

Sedangkan pengadaan sepeda motor Supra X 125 sebanyak 365 unit juga menggunakan dana dari APBD Perubahan 2015 sebesar Rp6,1 miliar.

"Nantinya akan diserahkan kepada pejabat eselon IV seperti kabid, lurah dan kepala desa untuk menunjang aktifitas di lapangan," katanya.

Pemerintah daerah berupaya secara bertahap kedepannya, dapat merealisasikan usulan-usalan dari masyarakat meski pada triwulan pertama tahun 2016 ini sudah ada merencanakan 13 unit lagi ambulan dobel kabin melalui Dinas Kesehatan Barito Utara.

Ke-13 mobil ambulan dobel kabin ini nantinya akan diserahkan ke kecamatan-kecamatan yang akses transportasinya jalannya masih sulit dialui oleh mobil biasa, karena jalannya banyak teradapat bukit-bukit atau yang belum bisa terjangkau oleh kendaraan roda empat yang tidak dobel gardan.

"Kami terus berupaya menintatkan pelayanan kepada masyarakat melalui bantuan sarana dan prasarana terutama di pedalaman," ujar Nadalsyah.