Realisasi PAD Pulang Pisau Lampaui Target

id PAD, PAD Pulang pisau, kesuma, DPPKAD pulang pisau

Realisasi PAD Pulang Pisau Lampaui Target

Ilustrasi (Istimewa)

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Toni Harisinta melalui Kabid Pendapatan Asli Daerah (PAD), Kesuma mengatakan pencapaian PAD pada tahun 2015 mencapai Rp36,49 miliar, melampaui target yang ditetapkan sebesar Rp31,55 miliar.

"Persentase pencapaian sebesar 115,64 persen, artinya PAD Pulang Pisau melebihi dari target yang ditetapkan pada Tahun 2015," terang Kesuma di Pulang Pisau, Selasa.

Pencapaian PAD tersebut tidak terlepas dari beberapa sektor yang menjadi sasaran mampu merealisasikannya, antara lain sektor pajak yang terealisasi sebesar Rp7,02 miliar dari target yang ditentukan yaitu Rp5,05 miliar atau sebesar 140,05 persen.

Lebih lanjut Kesuma menerangkan sumber lain pendapatan adalah dari pengelolaan kekayaan daerah yang telah dipisahkan. Dari sektor ini pendapatan yang terealisasi sebesar Rp2,29 miliar sesuai target Rp2,29 miliar atau 100 persen. Sementara untuk realisasi lain-lain pendapatan asli daerah yang sah sebesar Rp15,04 miliar dari target Rp10,63 miliar atau 114,55 persen.

"Kami juga berharap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) selaku pemungut pajak dan restribusi daerah bisa terus memberikan dukungan sehingga PAD yang tahun ini bisa lebih maksimal lagi," papar Kesuma.

Selain itu, ujar dia, salah satu yang memegang peran penting dalam menunjang pendapatan asli daerah ini adalah Kepala Desa. Salah satu tugasnya adalah ikut serta mengamankan beberapa sektor yang menjadi target pendapatan.

Keterlibatan Kepala Desa dalam mengamankan PAD ini, ucap Kesuma, menjadi bagian yang tidak terpisahkan karena 10 persen dari hasil penerimaan sektor pajak dan restribusi daerah dialokasikan dan kepada desa. Anggaran tersebut masuk ke dalam APBD-Desa untuk digunakan untuk mempercepat pembangunan atau kepentingan lain yang dibutuhkan oleh desa tersebut.