PMR Barito Utara Gelar Lomba Temu Prestasi

id PMR sekolah barut, palang merah remaja, PMR

PMR Barito Utara Gelar Lomba Temu Prestasi

Ketua Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Barito Utara Hj Sri Hidayati Nadalsyah menyerahkan piala bergilir kepada Kepala Sekolah MTsN Muara Teweh Bakti Tawadin di halaman MTsN setempat di Muara Teweh, Jumat. (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Ratusan peserta palang merah remaja dari 14 sekolah di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah mengikuti lomba temu prestasi palang merah remaja madya dan wira di daerah tersebut.

Kegiatan bertema "Bersatu, Berkarya dan Berprestasi dengan jiwa kemanusian" itu dibuka Ketua Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Barito Utara Sri Hidayati Nadalsyah, yang ditandai dengan pemasangan tanda peserta di Muara Teweh, Jumat.

Ke-14 sekolah yang mengikuti lomba tersebut diantaranya tingkat madya MTsN Muara Teweh sebagai tuan rumah, SMPN 1 Muara Teweh, SMPN 2 Muara Teweh, SMPN 6 Butong, MTs Istiqomah Muara Teweh dan SMP Santa Maria Muara Teweh. Peserta ingkat wira dari SMAN 1 Muara Teweh, SMKN 1 Muara Teweh, SMKN 2 Muara Teweh, MAN Muara Teweh, SMAN 4 Muara Teweh, SMK Butong, SMA 2 Jingah dan SMA Trahean.

PMR Barito Utara adalah salah satu wadah untuk membentuk siswa yang memiliki kepribadian yang tangguh dan memiliki kesetiakawanan yang tinggi, sesuai dengan tujuh prinsip palang merah dan tri bakti PMR.

"Sebagaimana yang tercantum dalam program Palang Merah Indonesia (PMI) Barut, pembinaan PMR merupakan modal pendidikan non formal yang mempunyai tugas pokok membentuk kader pembangunan yang berkualitas. Untuk itu, PMR semakin dituntut untuk meningkatkan kemampuan anggotanya melalui beberapa bidang," katanya.

PMI Barito Utara juga memberi apresiasi yang tinggi kepada pihak Sekolah MTsN Muara Teweh yang dapat menjadi tuan rumah untuk lomba ini, guna mempererat persahabatan dan meningkatkan keterampilan PMR.

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan, dapat meningkatkan kesadaran generasi muda untuk tidak terlibat dalam penyalahgunaan Narkotika, Sikotropika dan zat Adiktif (Napza) dengan mengikuti kegiatan positif, lebih meningkatkan kemampuan pribadi maupun regu dibidang kepalang merahan.

"Mampu mengamalkan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari dan mampu melatih diri untuk menjadi generasi muda yang mandiri. Serta lebih memiliki rasa kesadaran dan kekeluargaan dikalangan anggota PMR," kata dia.

Lomba temu prestasi PMR ini bertempat di MTsN Muara Teweh untuk lomba tandu, sedangkan lomba pertolongan pertama dan perawatan keluarga serta lomba tenda berlokasi di Stadion Swakarya Muara Teweh.