Pemkab Barito Utara Bagikan Vitamin A

id Pemkab Barito Utara Bagikan Vitamin A, Bupati Barito Utara Nadalsyah, pembagian vitamin A

Pemkab Barito Utara Bagikan Vitamin A

Bupati Barito Utara, Nadalsyah memberikan vitamin A kepada anak di Desa Lampoeng Kecamatan Gunung Purei. (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah melalui Dinas Kesehatan setempat pada Februari 2016 menyalurkan kapsul vitamin A kepada 16 puskesmas tersebar di sembilan kecamatan.

"Pendistribusian kapsul vitamin A ini guna diberikan kepada anak di pedalaman dan perkotaan secara gratis," kata kata Bupati Barito Utara Nadalsyah di Muara Teweh, Senin.

Petugas di puskesmas akan mendistribusikan ke berbagai posyandu di wilayah masing-masing yang tersebar di Barito Utara. Manfaat vitamin A bagi bayi dan balita, katanya, untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, sehingga tidak gampang terserang penyakit.

"Kemudian untuk membantu kesehatan mata bayi dan anak balita agar tidak terserang penyakit rabun senja dan penyakit-penyakit mata lainnya," katanya didampingi Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara, Robansyah.

Nadalsyah mengatakan, vitamin A merupakan salah satu zat gizi penting yang diperlukan oleh tubuh yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan mata.

Apabila balita kekurangan vitamin A dalam jangka waktu lama, katanya, akan mengakibatkan gangguan pada mata dan bila tidak segera mendapat vitamin A akan mengakibatkan kebutaan.

Oleh karena itu, katanya, apabila seorang anak menderita kekurangan vitamin A maka penyakit infeksi tersebut akan bertambah parah karena daya tahan tubuh balita menurun.

"Untuk mencegah kekurangan vitamin A pada bayi dan balita, maka dilaksanakan pemberian vitamin A yang rutin dilaksanakan setiap enam bulan sekali, yakni bulan Pebruari dan Agustus. Untuk itu, mari ajak anak balita anda ke posyandu terdekat," kata Nadalsyah.

Pada 8-15 Maret 2016 nanti akan diadakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) berupa pemberian imunisasi polio tetes kepada seluruh balita umur 0-59 bulan secara gratis.

"Untuk itu jangan lupa membawa bayi dan balita kesarana kesehatan terdekat untuk mendapatkan Vitamin A secara gratis. Dan pada tanggal 8-15 Maret akan diadakan Pekan Imunisasi Polio tetes kepada seluruh balita 0-59 bulan," katanya.