SKPD Diminta Susun Rincian Skala Prioritas Pembangunan Kota

id SKPD palangka raya, riban satia, wali kota palangka raya

SKPD Diminta Susun Rincian Skala Prioritas Pembangunan Kota

Wali Kota Palangka Raya, HM Riban Satia (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah diminta menyusun skala prioritas secara rinci dalam setiap program pembangunan yang akan dilaksanakan di daerah tersebut.

Wali Kota HM Riban Satia di Palangka Raya, Selasa mengatakan penyusunan skala prioritas tersebut harus didasarkan pada hasil musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

"Musrenbang tingkat kecamatan merupakan kumpulan usulan yang diinginkan warga kita. SKPD perlu memetakan skala prioritas. Dalam menyusun kebijakan dan program kerja harus memperhatikan musrenbang," kata Riban dalam sambutan Musrembang di Kecamatan Pahandut kota.

Riban mengatakan, tidak semua hasil musrembag dapat diimplementasikan pada seluruh kebijakan dan pelaksanaan proyek di lapangan. Hal tersebut karena beberapa kebijakan yang diambil juga harus melihat keadaan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) dan perhitungan lainnya.

"Kami akui tidak semua yang disampaiakan dalam musrenbang dapat tertampung. Namun, bagaimana pun hasil itu akan kami jadikan bahan acuan dalam penyusunan kebijakan," katanya.

Dia mengatakan, proses pelaksanaan musrenbang sebagai kewajiban pemerintah telah dilaksanakan sesuai peraturan dan mekanisme.

"Proses musrenbang sudah dilaksanakan dengan baik tetapi hasil atau capaianya yang kita akui belum maksimal karena banyak yang belum dapat kita akomodir. Untuk itu, saya minta kepala SKPD dapat mensingkronkan programnya dengan hasil musrembang ini," katanya.

Camat Pahandut, Abramsyah mengatakan, hasil musrenbang yang disampaikan dalam kesempatan itu merupakan ringkasan usulan seluruh kelurahan yang dinilai menjadi skala prioritas dalam skala pembangunan di wilayahnya.

"Kami harap pembangunan dapat optimal. Maka diharapkan program SKPD yang disusun dapat sesuai dengan harapan masyarakat yakni meningkatkan kesejahteraan, pro kerakyatan dan peningkatan kesehatan. Tidak perlu banyak asal sesuai skala prioritas," katanya.