BMKG: Jangan Tatap Langsung Saat Gerhana Matahari

id gerhana matahari total, gmt, BMKG

BMKG: Jangan Tatap Langsung Saat Gerhana Matahari

Ilustrasi - Gerhana matahari total. (Reuters)

Sampit (Antara Kalteng) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Bandara Haji Asan Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah mengimbau masyarakat mewaspadai dampak gerhana matahari total terhadap kesehatan mata.

"Masyarakat diimbau tidak melakukan kontak mata atau menatap secara langsung saat gerhana matahari, karena dapat mengakibatkan kerusakan pada retina mata," kata Kepala BMKG Stasiun Bandara Haji Asan Sampit, Yulida Warni di Sampit, Rabu.

Gerhana matahari total diperkirakan terjadi pagi hari 9 Maret 2016.

Gerhana akan melintasi 11 provinsi di Indonesia yakni Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Untuk wilayah Kalimantan Tengah, hanya dua daerah yang bisa menyaksikan gerhana matahari total ini dengan jelas. Yakni Sampit mulai gerhana matahari total pada pukul 07.27 WIB dan Palangka Raya mulai gerhana matahari total pukul 07.28 WIB.

BMKG merasa perlu mensosialisasikan prediksi terjadinya fenomena alam langka tersebut kepada masyarakat. Imbauan bahkan dibuat melalui surat resmi yang dikirim kepada sejumlah instansi dan pihak terkait.

Sementara itu, Kementerian Agama Kotawaringin Timur mengimbau kepada umat Islam untuk melaksanakan salat kusuf. Salat sunat tersebut dianjurkan dilaksanakan saat terjadi gerhana matahari.

"Imbauan kami kepada yang beragama Islam untuk salat sunat kusuf saat gerhana matahari total supaya kita diselamatkan, serta daerah dan negara kita dijagakan," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kotawaringin Timur, H Samsudin

Fenomena alam seperti ini juga patut dijadikan sebagai renungan tentang kekuasaan Allah dan mengingatkan bahwa manusia hanyalah makhluk yang wajib melaksanakan perintah Allah. Momen ini juga harus dimanfaatkan untuk menginstrospeksi diri dan bertekad untuk menjadi manusia yang lebih baik, katanya.