Penahan Embung Desa Sababilah Barito Selatan Jebol

id barito selatan, pdam barsel, penahan embung jebol

Penahan Embung Desa Sababilah Barito Selatan Jebol

Bendungan atau embung milik PDAM Barsel yang berada di desa sababilah , kecamatan Dusun Selatan yang jebol. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Penahan bendungan atau embung milik PDAM Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah yang berada di desa Sababilah, kecamatan Dusun Selatan jebol.

"Jebolnya bendungan tersebut diperkirakan terjadi pada Sabtu (5/3) sekitar pukul 22.00 WIB," kata salah seorang warga Desa Sababilah, Ardinto (45) di desa Sababilah, Minggu.

Ia menceritakan, sebelum kejadian pada sore harinya debit air yang ada dalam bendungan tersebut meluap akibat intensitas hujan dalam beberapa hari terakhir ini mengalami peningkatan.

"Akibat air melebihi kapasitas, akhirnya embung tersebut jebol," ucapnya.

Sementara Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sababilah, Nyaradicanra mengatakan bendungan tersebut juga pernah jebol pada tahun 2007 lalu.

"Akan tetapi jebolnya bendungan yang dibangun menggunakan APBD Provinsi Kalteng pada tahun 2005 lalu itu diperbaiki," ungkapnya.

Ia mengharapkan, supaya bendungan yang jebol kembali itu dapat segera diperbaiki, karena akibat jebolnya embung tersebut pasokan air tidak mengalir sejumlah rumah warga didesa Sababilah.

Berdasarkan pantauan Antara dilapangan, beberapa orang pekerja dari PDAM Barsel, sedang berusaha memperbaiki dengan menumpuk karung berisi pasir untuk membendung air agar tidak meluber keluar.