Target PAD Barsel Tahun 2016 Rp 50 Miliar

id Barito Selatan, PAD Barsel, Selviriyatmi, Barsel

Target PAD Barsel Tahun 2016 Rp 50 Miliar

Ilustrasi, Logo Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah.

Kalau tidak optimal, maka pencapaiannya akan terjadi seperti tahun 2015 lalu yang mana hanya mampu tercapai sebesar 87,29 persen dari target yang ditentukan,"
Buntok (Antara Kalteng) - Pemerinatah kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah melalui dinas pendapatan daerah menargetkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten pada 2016 sebesar Rp50 miliar.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Barsel Drs Sukanto Djaban melalui kabid penagihan Selviriyatmi, SP, M. Si di Buntok, Rabu mengatakan target PAD Barsel ini meningkat dari tahun sebelumnya sebesar Rp44,9 miliar.

Menurut dia, pihaknya optimis PAD ini akan tercapai 100 persen asalkan, semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bekerja keras secara optimal dan jemput bola dalam menggali potensi yang bisa menyumbangkan PAD.

"Kalau tidak optimal, maka pencapaiannya akan terjadi seperti tahun 2015 lalu yang mana hanya mampu tercapai sebesar 87,29 persen dari target yang ditentukan," ucapnya.

Meskipun demikian kata dia, untuk menutupi kekurangan pencapaian target tersebut, pihaknya akan mengoptimalkan dari pajak sarang burung walet.

"Karena, berdasarkan pendataan yang kita lakukan, jumlah bangunan sarang burung walet yang tersebar dienam kecamatan diwilayah Barsel ini sekitar 1. 600 unit," jelasnya.

Ia menyampaikan, pihaknya telah mengirimkan formulir yang akan diisi oleh pemiliknya terkait berapa kilogram penghasilan atau penjualan sarang dalam setiap bulan.

"Meski, masih belum memiliki penilai pajak, kita berharap para pengusaha sarang burung walet dapat melaporkan sesuai dengan hasil riil dalam setiap bulannya," kata Seviriyatmi.