Harga Minyak Tanah Di Barsel Capai Rp23.000/Liter

id barito selatan, minyak tanah di barsel, harga minyak tanah

Harga Minyak Tanah Di Barsel Capai Rp23.000/Liter

Ilustrasi - Penjualan minyak tanah. (Istimewa)

Buntok (Antara Kalteng) - Harga minyak tanah yang dijual para pedagang eceran di wilayah kecamatan Dusun Selatan, kabupaten Barito Selatan, kalimantan Tengah Rp13.000 hingga Rp23.000/liter.

Pantauan Antara, Jumat, harga minyak tanah dalam kota Buntok berkisar sekitar Rp13.000-Rp15.000 per liter, sedangkan harga di sejumlah desa di wilayah kecamatan Dusun antara Rp20.000 hingga Rp23.000 per liter.

"Kenaikan harga minyak tanah sudah terjadi dalam dua pekan terakhir. Sebelum adanya kenaikan, harga jual minyak tanah hanya Rp7.500/liter," kata salah seorang pemilik pangkalan minyak tanah di Jalan Pembangunan Buntok H Abran.

Menurut dia, kenaikan harga minyak tanah ini lantaran subsidi dihapus pemerintah sehingga harganya pun mengalami kenaikan cukup tinggi dibandingkan harga sebelumnya. Warga merasa terbebani dengan harga minyak tanah yang mahal tersebut.

Harga jual minyak tanah yang cukup mahal di daerah ini membuat masyarakat terpaksa menahan diri untuk menggunakan bahan bakar itu. Harga ini tidak akan mungkin turun lagi sebab subsidi minyak tanah sudah dihapus pemerintah.

Saat ini minyak tanah juga mengalami kelangkaan, sebab di sejumlah agen penyuplai mengalami kekosongan dalam 15 hari terakhir ini.

"Kita mendapatkan minyak tanah ini bukan dari agen tempat langganan kami, melainkan dari Palangka Raya," ujarnya.

Sementara salah seorang warga desa Baru kecamatan Dusun Selatan Dede mengatakan, kenaikan harga jual minyak tanah ini sangat memberatkan warga, karena harganya melambung tinggi.

"Kita berharap harga minyak tanah ini bisa turun kembali dan selain itu juga mudah didapatkan baik di pangkalan maupun di tingkat pengecer," ujar Dede.