Anggota Ditlantas Dikerahkan Atasi Macet Libur Panjang

id Atasi Macet Libur Panjang, Anggota Ditlantas Dikerahkan, Wakil Kepala Korlantas Polri Brigjen Pol Indrajit

Anggota Ditlantas Dikerahkan Atasi Macet Libur Panjang

Ilustrasi, Lalu Lintas Jakarta Pasca Liburan Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan lalu lintas terjadi di Jalan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (4/8/2014). (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Jakarta (Antara Kalteng) - Wakil Kepala Korlantas Polri Brigjen Pol Indrajit mengatakan pihaknya mengerahkan sedikitnya 2/3 dari jumlah personel Ditlantas yang ada di tiap wilayah terkait pengamanan pada libur panjang Paskah.

"Pengamanan jelang libur panjang ini dilakukan di seluruh wilayah Indonesia dengan mengerahkan sedikitnya 2/3 dari jumlah personel yang ada di tiap wilayah," kata Wakakorlantas Polri Brigjen Indrajit, di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, prioritas pengamanan dilakukan di jalur-jalur tol keluar dari Jakarta menuju ke arah timur, misalnya, Tol Cikampek dan Tol Purbaleunyi.

Sementara strategi kontra "flow" akan dilakukan di beberapa titik rawan kemacetan di Tol Cikampek dan Tol Purbaleunyi, mengantisipasi meningkatnya kepadatan lalin.

"Antisipasi kontra flow juga telah disiapkan jika kepadatan terus terjadi pada jalur tol," ucapnya.

Pada Kamis, jajaran Korps Lalu Lintas Polri bersama beberapa instansi terkait antara lain Jasa Raharja, Jasa Marga dan Dinas Perhubungan, serta perwakilan TNI menggelar apel upacara jelang liburan Paskah.

Apel bersama jelang libur panjang ini merupakan apel kedua kalinya pada tahun 2016, sebagai upaya antisipasi mencegah terjadinya kemacetan lalu lintas pada liburan panjang.

Indrajit berharap dengan apel bersama ini, koordinasi antarinstansi, baik itu dari Polri maupun dari jajaran terkait lainnya dapat berlangsung dengan lancar sehingga dapat meminimalisasi hal-hal yang tidak diinginkan, khususnya yang berkaitan dengan kemacetan arus lalu lintas selama libur panjang.