Rio Haryanto Kecewa Hasil Kualifikasi GP Bahrain

id Rio Haryanto, formula 1, GP Bahrain

Rio Haryanto Kecewa Hasil Kualifikasi GP Bahrain

Pebalap Indonesia Rio Haryanto (REUTERS/Brandon Malone)

Semarang (Antara Kalteng) - Pembalap asal Indonesia yang tergabung dalam Tim Manor Racing Rio Haryanto mengaku kecewa dengan hasil kualifikasi pada Jumat (2/4) waktu setempat menjelang pelaksanaan lomba balap mobil Formula Satu (F1) di Sirkuit Internasional Sakhir Bahrain.

"Setelah latihan resmi ketiga yang baik pagi ini, saya kecewa dengan sesi kualifikasi. Saya hanya punya waktu untuk satu kesempatan saja dan saya tidak mendapatkan hasil yang cukup bagus dari putaran tercepat saya," kata Rio Haryanto, seperti disampaikan Media Relations Cep Goldia dalam surat elektronik yang diterima di Semarang, Jateng, Minggu.

"Jelas terlihat masih ada performa yang dapat muncul dari mobil dan dari saya, sehingga kami harus melihat apa yang terjadi dengan format kualifikasi ini dan berusaha untuk mengoptimalkan solusi apa pun yang kami miliki di Tiongkok. Sebuah pekerjaan yang lebih sulit untuk esok hari, tapi saya masih memiliki harapan besar karena saya jauh lebih senang dengan race pace kami kemarin," kata pembalap asal Solo, Jateng tersebut.

Pada babak kualifikasi untuk menentukan nomor start para peserta balap mobil F1 tersebut, pembalap berusia 23 tahun ini menempati posisi ke-21 dengan catatan waktu 1:34.190, sedangkan rekan satu tim Rio Haryanto, pembalap asal Jerman Pascal Wehrlein menempati posisi ke-16 dengan catatan waktu 1:32.806.

Dengan hasil ini, Rio Haryanto akan memulai start pada posisi ke-20, mengingat pebalap Tim Renault Kevin Magnussen yang menempati posisi ke-19 harus turun ke posisi terakhir akibat mendapat penalti, sedangkan Pascal tetap memulai start pada posisi ke-16.

Pascal Wehrlein mengatakan, "Saya sangat senang, berbeda sekali dari Melbourne! Sayang tidak dapat meneruskan ke Q2 tapi saya sangat senang kami berada sedekat ini sekarang dan posisinya benar-benar bagus untuk pengembangan berikutnya. Saya harus berterima kasih kepada tim atas kerja keras mereka dalam memberikan saya mobil di mana saya merasa nyaman di dalamnya. Kami berada di tempat yang bagus untuk besok, meskipun kami masih mengalami beberapa masalah degradasi ban saat long run. Ini adalah balapan yang panjang, jadi kami perlu mengelolanya. Hal yang bagus jika bisa mendapatkan start seperti di balapan terakhir dan saya berharap kami tetap tampil kompetitif dengan mobil-mobil lain."
    
Direktur Balap Manor Racing Dave Ryan mengatakan, "Sebuah penampilan yang benar-benar fantastis dari Pascal hari ini. Kami telah membuat langkah yang cukup bagus di sini, tapi dia pasti sangat bersemangat setelah FP3 dan tahu hasil yang baik itu dalam genggamannya."
    
Dia menyatakan pula, "Kami menghabiskan banyak waktu melihat apa yang perlu kami lakukan di sini setelah kekecewaan dari Melbourne dan senang rasanya melihat itu diterjemahkan ke dalam kemajuan nyata. Kami juga hanya terpaut dalam hitungan per sepuluh detik dari Q2, jadi meskipun ada banyak ruang untuk perbaikan, kami sedang menuju ke arah yang benar."
    
"Rio juga sudah mempunyai akhir pekan yang lebih baik di sini dan terlihat bagus di FP3. Ia tidak mendapatkan lap yang sempurna, yang pasti ia kecewa dengan itu, tapi nampaknya akan membaik untuk dirinya juga," kata Dave pula.
         
Lomba balap mobil F1 di Bahrain ini dilaksanakan pada Minggu ini mulai pukul 18.00 hingga 20.00 waktu setempat.

Sirkuit Internasional Sakhir ini memiliki panjang lintasan 5.412 kilometer.