Pusat Perbelanjaan Jadi Wisata Favorit Palangka Raya

id palangka raya, supermarket, hypermarket, pusat perbelanjaan

Pusat Perbelanjaan Jadi Wisata Favorit Palangka Raya

Salah satu tempat arena permainan di salah satu pusat perbelanjaan di kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pusat perbelanjaan yang ada di wilayah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah menjadi tujuan favorit sejumlah warga luar daerah yang berkunjung di kota setempat.

Marina Eka, warga Buntok, Kabupaten Barito Selatan, pada Minggu mengatakan sengaja menjadikan pusat perbelanjaan di Palangka Raya sebagai salah satu tempat yang dikunjungi dalam rangka memanfaatkan liburan panjang awal Mei ini.

"Kami sengaja datang ke Palangka Raya selain untuk menyambut libur panjang juga sekalian menengok adik yang saat ini sedang kuliah di sini. Hypermart dan Matahari menjadi salah satu tempat tujuan berbelanja karena di sana juga ada tempat bermain," katanya.

Dia mengatakan, meski lokasi tersebut dipenuhi pembeli hingga harus berdesakan dan mengantre panjang saat akan membayar, ia tetap merasa senang karena dapat mengajak keluarganya mendatangi pusat perbelanjaan modern.

Retno pengunjung yang mengaku datang dari wilayah Kasongan, Kabupaten Katingan, Kalteng mengatakan sengaja berbelanja ke pasar modern setelah beberapa hari sebelumnya mendatangi wisata lain di Palangka Raya.

"Jika di kampung biasanya harus berbelanja di pasar dan paling mentok berbelanja di toko. Makanya, setelah kemarin mendatangi wisata yang ada di wilayah kota terakhir datang ke sini. Anak kami sangat senang bermain di time zone meski harus antre untuk bermain," kata wanita yang mengaku menginap di tempat keluarganya itu.

Ridwan, seorang penjaga parkir mengatakan, sejak memasuki libur panjang pusat perbelanjaan modern itu dipadati pengunjung.

"Memang jika libur panjang jumlah pengunjung membludak. Hal itu karena banyak warga yang memiliki saudara di kampung berlibur ke sini. Jika hanya warga Palangka saja, pengunjung tidak akan ramai ini," kata Ridwan.

Berdasarkan pantauan, pusat perbelanjaan modern di Kawasan Jalan Yos Sudarso seperti Megatop trade center (MTC) yang di dalamnya ada Hypermart dan Matahari dipadati pengunjung.

Lokasi parkir yang disediakan pihak pengelola pun tidak cukup besar untuk menampung seluruh kendaraan pengunjung. Akibatnya banyak kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, harus parkir di bahu jalan bahkan hingga di seberang jalan dan halaman pertokoan di sekitar MTC.*