Pusat Pasar Ramadhan Kobar Ditempatkan ex Rujab Bupati

id kotawaringin barat, pangkalan bun, pasar ramadhan

Pusat Pasar Ramadhan Kobar Ditempatkan ex Rujab Bupati

Kasubbag Data dan Komunikasi Antar Lembaga, Bagian Humas dan Penerangan Setda Kotawaringin Barat, Usman. (Foto Alfa)

Pangkalan Bun (Antara Kalteng) – Menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan 1437 Hijriah atau 2016 Masehi, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat tengah mempersiapkan pasar makanan dan minuman Ramadhan yang kali ini berbeda tempatnya pada tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun-tahun sebelumnya Pasar Ramadhan dipusatkan di Taman Tugu atau alun-alun Kesultanan Kutaringin Pangkalan Bun, namun dengan berbagai pertimbangan, setelah melalui rapat koordinasi Pemkab Kobar, Selasa (10/05), akhirnya Pasar Ramadhan 1437 Hijriah dipindahkan ke ex Rumah Jabatan Bupati Kotawaringin Barat yang terbakar.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bagian Humas dan Penerangan Setda Kotawaringin Barat, H.Aspan melalui Kasubbag Data dan Komunikasi Antar Lembaga, Usman kepada wartawan seusai mengikuti rapat koordinasi Pasar Ramadhan.

Dikatakan Usman, dalam pembangunan pasar Ramadhan tersebut, Dinas Koperasi, UMKM, dan Pasar akan menggandeng Karang Taruna Kelurahan Raja Kecamatan Arut Selatan, dengan membangun paling banyak 60 lapak sesuai dengan DPA SKPD Dinas Koperasi, UMKM dan Pasar.

"Hasil evaluasi pada Ramadhan tahun lalu, jumlah lapak yang disediakan, hanya 58 lapak yang terisi, sehingga akan mubazir bila dibuat lebih dari itu, dan bila membludak peminatnya maka akan dipikirkan kemudian," ujar Usman.

Untuk yang berminat berjualan di pasar Ramadhan tersebut dipersilahkan untuk mendaftar di dinas Pasar, dan pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis, dengan begitu kemungkinan besar harga makanan dan minumanpun akan menjadi murah, karena tidak ada beban yang dipikul pedagang.

Selain berpusat di ex Rujab Bupati Kotawaringin Barat, pusat pusat makanan dan minuman yang diperdagangkan kemungkinan akan tersebar di setiap kelurahan seperti Mendawai yang belum ditentukan tempatnya, Madurejo di Bundaran Pancasila dan Baru yang masih belum ditentukan tempatnya.

Ketua Karang Taruna Bina Bhakti Keluran Baru, M.Ikhsan yang juga pengelola Pasar Tembaga Indah telah memastikan kalau di Pasar Tembaga Indah akan ada pasar ramadhannya, namun hanya mampu 10 lapak terselih dahulu, dan kalau banyak peminatnya maka akan ditambah lagi.