Polres Kotawaringin Timur Siapkan Posko Pengamanan Ramadhan

id Polres Kotim, Posko Pengamanan Ramadhan , posko pengamanan, bulan suci Ramadhan, Idul Fitri 1437 Hijriah, Kapolres Kotawaringin Timur, AKBP Hendra Wir

Polres Kotawaringin Timur Siapkan Posko Pengamanan Ramadhan

Bupati Kotim H Supian Hadi (kiri) bersama Kapolres Kotim AKBP Hendra Wirawan (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Sampit (Antara Kalteng) - Kepolisian Resor Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menyiapkan posko pengamanan bulan suci Ramadhan hingga Idul Fitri 1437 Hijriah agar umat Islam bisa menjalankan ibadah dengan aman dan nyaman.

"Posko akan dibangun di beberapa lokasi seperti di kawasan Taman Kota, Bundaran Favo, sekitar bandara dan titik lainnya. Patroli juga ditingkatkan untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," kata Kapolres Kotawaringin Timur, AKBP Hendra Wirawan di Sampit, Kamis.

Pembangunan posko tersebut dalam rangka operasi Ramadhan Idul Fitri. Seperti diketahui, saat bulan suci ini umat Islam meningkatkan ibadah sehingga perlu didukung oleh suasana yang aman, nyaman dan kondusif. Tugas kepolisian menciptakan situasi ini dengan meningkatkan pengamanan.

Operasi Ramadhan Idul Fitri akan diisi dengan operasi penyakit masyarakat. Patroli dilakukan untuk menekan peluang terjadinya tindak kejahatan serta tindakan-tindakan yang dapat mengganggu kekhusyukan umat Islam menjalankan ibadah.

Posko-posko ini juga untuk memaksimalkan pengamanan arus mudik dan balik lebaran nanti. Masyarakat bisa datang ke posko jika membutuhkan bantuan kepolisian karena posko akan dijaga secara penuh siang dan malam.

"Penjualan kembang api, mercon dan sejenisnya juga akan ditertibkan karena bisa mengganggu kekhusyukan beribadah. Kami berharap kita semua sama-sama saling menghargai sehingga suasana selalu kondusif," harap Hendra.

Kepolisian juga akan melaksanakan Operasi Patuh pada 16 hingga 29 Mei dengan sasaran pengendara roda dua dan roda empat. Pengendara roda dua wajib menggunakan helm yang memenuhi standar nasional Indonesia untuk mencegah cegah dampak parah kecelakaan, sedangkan pengemudi roda empat atau lebih, wajib menggunakan sabuk pengamanan demi keselamatan.