Palangka Raya Targetkan Juara Umum FBIM 2016

id FBIM 2016, palangka raya, palangkaraya, Palangka Raya Targetkan Juara Umum FBIM 2016, Afendie, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Palangka Raya Targetkan Juara Umum FBIM 2016

Foto Dokumen : Festival Budaya Isen Mulang 2015 (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah menargetkan juara umum pada lomba festival budaya isen mulang yang dijadwalkan secara resmi akan berlangsung mulai Rabu (18/5).

"Pada 2016 ini kami menargetkan dan `insya Allah` kita akan meraih kembali predikat juara umum dalam pergelaran festival budaya isen mulang (FBIM) yang secara resmi akan dibuka besok," Kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Afendie di Palangka Raya, Selasa.

Dia menyatakan yakin bahwa predikat juara umum festival ini akan dapat dipertahankan meski harus bersaing dengan peserta 13 kabupaten lain di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

"Semuanya sudah kita persiapkan dan itu kita lakukan sejak sebulan yang lalu. Secara teknis kita juga telah memberi penjelasan dan memaparkan strategi kepada para peserta lomba," katanya.

Afendie menyatakan tidak akan melewatkan setiap jenis perlombaan olahraga tradisional itu. Dalam kesempatan ini Pemerintah "Kota Cantik" Palangka Raya menurunkan sebanyak 138 peserta.

Pertandingan yang dilombakan dalam festival tersebut ialah tari daerah pedalaman, tari pesisir, karungut (lagu daerah), bagasing, balogo, manyumpit (sumpit), lawang sekepeng, sepak sawut dan mangaruhi (mencari ikan dengan tangan kosong).

Selain itu juga diperlombakan manetek (memotong) kayu, dayung tradisional, besei kambe (dayung arah berlawanan), lagu daerah, jukung (sampan) hias, mobil hias, masakan khas daerah dan pemilihan putra putri pariwisata Kalimantan Tengah.

Berbagai perlombaan itu akan dilaksanakan di beberapa lokasi di ibu kota provinsi Kalteng, Palangka Raya seperti kawasan Jembatan Kahayan, Flamboyan bawah, bundaran besar, Museum Balanga dan kompleks pamerang Temanggung Tilung.

Festival budaya isen mulang merupakan agenda tahunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka memperingati hari jadi Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" dan "Bumi Pancasila" ini.