Polisi Pemulung Bripka Seladi Dapat Penghargaan Dari Ketua DPR RI

id Polisi Pemulung, Bripka Seladi, Dapat Penghargaan Dari Ketua DPR RI, DPR RI, Ade Komaruddin

Polisi Pemulung Bripka Seladi Dapat Penghargaan Dari Ketua DPR RI

Brigadir Kepala Seladi, petugas uji SIM di Samsat Kota Malang, yang memilih memulung sebagai pekerjaan sampingan, menunjukkan penghargaan dari DPR di Jakarta, Senin (23/5/2016). (ANTARA News/Lia Wanadriani Santosa)

Jakarta (Antara Kalteng) - Ketua DPR RI Ade Komaruddin memberikan penghargaan kepada Brigadir Kepala Seladi, petugas uji SIM di Samsat Kota Malang, Jawa Timur, yang memilih memulung sebagai pekerjaan sampingan demi menambah penghasilan untuk menghidupi keluarganya.

"(Piagam penghargaan) ini satu simbol, mudah-mudahan dipasang di rumah (Bripka Seladi), sebagai tanda polisi teladan," ujar Ade di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin.

Ade yang saat itu didamping Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo, anggota Komisi III Taufiqulhadi, mengapresiasi pilihan Seladi. "Petugas administrasi Polresta Malang, tidak sungkan menjadi seorang pemulung sampah sebagai penambah penghasilan tambahan di luar jam dinasnya," tutur dia.

Menurut politisi Partai Golkar itu, apa yang dilakukan Seladi mengajarkan banyak orang soal nilai-nilai kejujuran terutama kerja keras, etos kerja dalam profesinya sebagai seorang polisi.

"Bripka Seladi mengajarkan kita nilai-nilai kejujuran, terutama kerja keras, etos kerja dalam profesinya sebagai seorang polisi," kata Ade.

Tak hanya piagam penghargaan, Bambang Soesatyo bahkan merelakan gaji pokoknya hingga bulan Desember mendatang diberikan pada Seladi, sebagai wujud apresiasinya.

Dalam kesempatan itu, Seladi mengucapkan rasa terima kasihnya atas penghargaan yang diberikan padanya. Dia berujar, lebih baik menjadi pemulung ketimbang menerima uang suap.

"Lebih nikmat pemulung untuk sampingan, sekarang ambil, dijual, laku," kata Seladi.