Polres Minta Penyedia Angkutan Lengkapi Alat Keselamatan

id Polres Seruyan, Alat keselamatan, angkutan, mudik, Polres Minta Penyedia Angkutan Lengkapi Alat Keselamatan

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Kepolisian Resor Seruyan, Kalimantan Tengah meminta kepada penyedia jasa angkutan di wilayah tersebut melengkapi angkutannya dengan peralatan keselamatan penumpang.

"Kita minta penyedia jasa angkutan darat, laut, sungai dan udara agar melengkapi angkutannya dengan berbagai peralatan keselamatan penumpang," kata Kabag Ops Polres Seruyan Ajun Komisaris Polisi (AKP) Masharsono di Kuala Pembuang, Senin.

Ia juga mengingatkan, pengusaha angkutan untuk selalu mengutamakan keselamatan penumpang dengan memastikan kondisi angkutannya dalam keadaan laik jalan.

"Sesuaikan jumlah penumpang dengan kapasitas kendaraan, jangan sampai karena ingin untung lalu kapasitas kendaraan ini diabaikan," katanya.

Bagi masyarakat yang mudik lebaran dengan menggunakan jasa angkutan agar dapat memilih jasa angkutan dengan cermat dan hati-hati agar terhindar dari oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

"Pilihlah angkutan resmi atau yang sudah mempunyai izin operasional sehingga kalau terjadi sesuatu terhadap penumpang, maka ada pihak yang dapat dimintai pertanggung jawaban," katanya.

Khusus untuk memantau aktivitas masyarakat selama lebaran, Polres Seruyan akan mendirikan beberapa posko, yakni satu posko pelayanan di Lapangan Gagah Lurus Kuala Pembuang. Tiga posko pengamanan didirikan di Objek Wisata Sungai Bakau Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Desa Bangkal Kecamatan Seruyan Raya Jalan Jenderal Sudirman Km 65 arah Sampit-Pangkalan Bun, dan di Desa Pembuang Hulu Kecamatan Hanau.

Selain personel kepolisian, pengamanan lebaran yang telah menjadi agenda rutin tahunan ini akan melibatkan unsur lain seperti TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Pemadam Kebakaran, serta Sentra Komunikasi (Senkom) Polri.

"Kita berharap dengan adanya dukungan serta pihak lain yang ikut terlibat, maka pengamanan lebaran ini dapat berjalan lancar," katanya.