Mahasiswa UNS Surakarta Kembali KKN di Barsel

id barito selatan, UNS surakarta, KKN di barsel

Mahasiswa UNS Surakarta Kembali KKN di Barsel

Bupati Barsel Farid Yusran(Tengah) bersama Ketua Komisi I DPRD Barsel, Hermanes, SE (Kiri) dan DR, Ir Yudi Rianto, MP, dosen pembimbing mahasiswa (Kanan) berfoto bersama dengan mahasiswa UNS di aula kantor Bupati setempat, Selasa (7/7) (FOTO ANTARA

Buntok (Antara Kalteng) - Sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta kembali melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah.

"Ini untuk ketiga kalinya kita diberikan kesempatan pemerintah kabupaten Barito Selatan untuk menempatkan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN)," kata dosen pembimbing DR Ir Yudi Rianto, MP pada acara penyambutan di Buntok, Kamis.

Jumlah mahasiswa yang ikut KKN kali ini sebanyak 19 orang dan jumlahnya berkurang dibandingkan tahun sebelumnya, karena pada 2014 lalu sebanyak 24 orang dan tahun 2015 sebanyak 23 mahasiswa. Mereka akan melakukan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan di daerah ini.

"KKN merupakan pengabdian kepada masyarakat. Mereka mengabdi kepada masyarakat didua desa yakni desa Baru dan Desa Penda Asam kecamatan Dusun Selatan selama satu bulan," ucap Yudi Rianto.

Selain itu ia menjelaskan, KKN ini bermanfaat untuk membimbing mahasiswa dan melatih kemampuan interaksi sosial secara langsung sekaligus mempelajari dan memecahkan permasalahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat desa.

"Sedangkan untuk kegiatan yang akan dilaksanakan mahasiswa selama berada di sini berupa program fisik serta non fisik, tapi yang lebih diutamakan non fisik berupa pendidikan, kebersihan dan penerapan teknologi pangan,"jelasnya.

Menurut dia, dalam kegiatan ini, pihaknya juga akan mencoba menggali berbagai potensi khususnya didua desa tersebut sehingga nantinya akan dapat diolah menjadi nilai tambah bagi masyarakat.

"Karena, mahasiswa yang mengikuti KKN ini dari berbagai fakultas sehingga mereka bisa menerapkan ilmunya dimasyarakat dalam kegiatan KKN ini,"tambah Yudi Rianto.

Sementara Asisten III Setda Barsel, dr Rusman Effendy pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada pihak UNS yang telah kembali memilih Barsel sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan KKN.

"Kita berharap nanti mereka dapat memberikan pemikiran-pemikiran dan inovasi sehingga masyarakat kita terbuka pikirannya untuk mengikuti inovasi yang mereka bawa itu,"tambah dia.

Acara penyambutan mahasiswa UNS yang berlangsung diaula kantor Bupati Barsel tersebut dihadiri sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) kabupaten tersebut.