Tim Khusus Polres Seruyan Terus Buru Pengedar Zenith

id Seruyan, Kuala Pembuang, Tim Khusus Polres Seruyan, Terus Buru Pengedar Zenith, Pengedar Zenith, AKP Triyo Sugiyono

Tim Khusus Polres Seruyan Terus Buru Pengedar Zenith

Ilustrasi - Zenith. (Foto Antara)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Kepolisian Resor Seruyan, Kalimantan Tengah terus memburu pengedar pil koplo jenis Carnophen atau Zenith yang ada di wilayah tersebut.

"Kita akan terus memburu pengedar Zenith di seluruh wilayah Seruyan," kata Kasat Reskrim Polres Seruyan Ajun Komisaris Polisi (AKP) Triyo Sugiyono di Kuala Pembuang, Jumat.

Mantan Kapolsek Dusun Hilir Polres Barito Selatan ini mengatakan, untuk memberantas peredaran narkoba khususnya Zenith, pihaknya telah membentuk Tim Khusus Pemburu Pelaku Pengedar Zenith yang bergerak ke seluruh desa dan kecamatan di Seruyan.

"Tim khusus ini masih terus bergerak ke kecamatan atau desa yang diduga menjadi tempat peredaran narkoba," katanya.

Ia menegaskan, Polres Seruyan berkomitmen akan terus memerangi narkoba di "Bumi Gawi Hatantiring" ini, baik peredaran berskala besar maupun kecil. Tidak peduli barang bukti yang diperoleh itu besar atau kecil, semua harus dibersihkan dan diberantas.

"Kita tidak boleh menganggap remeh narkoba, khususnya Zenith, karena harganya yang murah dan bisa dijangkau semua kalangan maka sangat berbahaya sekali apabila dibiarkan beredar luas di masyarakat," katanya.

Kepolisian juga mengharapkan agar seluruh masyarakat dapat terlibat dan membantu tugas kepolisian dalam memerangi narkoba dengan memberikan informasi.

"Apabila di lingkungan tempat tinggalnya ada aktivitas mencurigakan, sekecil apapun informasi yang disampaikan masyarakat, akan kami tindaklanjuti. Ini merupakan komitmen bersama untuk memerangi peredaran narkoba, demi menyelamatkan anak cucu kita di masa mendatang," katanya.

Berdasarkan data kepolisian, sejak dibentuknya Tim Khusus Pemburu Pelaku Pengedar Zenith pada Juli 2016 lalu, Polres Seruyan telah berhasil meringkus sedikitnya 35 orang pengedar narkoba di Kuala Pembuang. Dari jumlah tersebut, 31 di antaranya merupakan pengedar Zenith, sedang empat sisanya pengedar narkoba jenis sabu.

Hasil analisa petugas, tumbuh suburnya peredaran Zenith di Seruyan dipicu oleh beberapa faktor di antaranya adalah faktor ekonomi serta rendahnya vonis pengadilan yang dijatuhkan kepada para bandar Zenith yakni rata-rata di bawah satu tahun, lalu pengaruh lingkungan atau buruknya lingkungan pergaulan.