Kualitas SMA di Kotawaringin Timur Terus Meningkat

id kotawaringin timur, sman 3 sampit, diknas kotim, kualitas sma di kotim

Kualitas SMA di Kotawaringin Timur Terus Meningkat

Pelajar SMAN 3 Sampit menampilkan tari tradisional Dayak saat HUT ke-25 sekolah itu, Senin (5/9/2016) siang. Sekolah ini makin diperhitungkan karena berbagai prestasi yang diraih siswa maupun gurunya. ( (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mengklaim kualitas Sekolah Menengah Atas terus meningkat sehingga berdampak terhadap kualitas pendidikan di daerah itu.

"Banyak prestasi yang dicapai siswa dan guru bahkan hingga di tingkat nasional. Ini menjadi kebanggaan kita semua," kata Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Suparmadi saat perayaan Hari Ulang Tahun ke-25 SMAN 3 Sampit, Senin.

Peningkatan kualitas pendidikan itu dibarengi dengan pemerataan. Kini prestasi tidak lagi hanya didominasi satu sekolah tertentu, tetapi juga mulai menyebar hingga ke SMA di kecamatan luar ibu kota kabuten.

Suparmadi mencontohkan SMAN 3 Sampit yang menurutnya banyak menorehkan prestasi membanggakan Kotawaringin Timur. Kontribusi sekolah itu terhadap pendidikan di daerah itu juga terlihat dengan banyaknya alumni yang sukses berkarier di berbagai bidang.

Seluruh sekolah atau satuan pendidikan diminta terus meningkatkan kualitas. Tenaga pengajar juga tidak boleh berhenti memperbarui informasi dan pengetahuan karena akan berdampak positif terhadap anak didik.

"Sekolah punya peran penting dalam menciptakan kader terbaik yang nantinya akan memegang estafet kepemimpinan pembangunan. Para pelajar juga tidak boleh malas karena tidak ada kata lain untuk sukses, yakni belajar," kata Suparmadi.

Suparmadi juga tidak henti-hentinya memperingatkan semua pihak, khususnya pelajar, untuk menjauhi narkoba. Tidak hanya merusak kesehatan jiwa dan mental, narkoba juga akan menghancurkan masa depan.

Sementara itu, HUT ke-25 atau ulang tahun perak SMAN 3 Sampit berlangsung meriah, dihadiri guru dan pelajar dari beberapa sekolah lain. Acara juga diisi dengan berbagai perlombaan olahraga antarsekolah, seperti sepak bola, basket dan lainnya.