Sigintung Direncanakan Jadi Titik Pemantau Hilal

id Seruyan, Kuala Pembuang, Segintung, Pelabuhan, Titik Pemantau Hilal, Hilal, Kepala Kantor Kemenag Seruyan, Hasanudin

Sigintung Direncanakan Jadi Titik Pemantau Hilal

Pelabuhan Samudera Teluk Sigintung, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah dengan panjang trestle 1.400 meter siap dioperasionalkan untuk aktivitas bongkar muat kapal barang. (Foto Antara Kalteng/Fahrian A)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Tengah berencana menjadikan Pelabuhan Samudera Teluk Segintung, Kabupaten Seruyan, sebagai salah satu titik pemantauan hilal di Indonesia.

"Kemenag Seruyan melalui Kemenag Kalteng telah membuat usulan ke Kemenag Pusat agar Pelabuhan Segintung dapat dijadikan sebagai titik pemantauan hilal," kata Kepala Kantor Kemenag Seruyan Hasanudin di Kuala Pembuang, Kamis.

Ia mengatakan, belum lama ini Kemenag Seruyan bersama dengan Kemenag Kalteng telah melakukan uji coba untuk melihat hilal melalui Pelabuhan Segintung.

Dari hasil uji coba, kawasan pelabuhan yang menghadap langsung Laut Jawa dan terletak 25 kilometer arah selatan Kota Kuala Pembuang sangat cocok dijadikan sebagai titik pemantauan hilal untuk daerah Kalteng.

"Untuk Kalteng, tempat yang paling cocok dijadikan titik pemantauan hilal adalah Pelabuhan Segintung, sebab letaknya yang berhadapan dengan laut akan memudahkan petugas untuk melihat hilal tanpa ada penghalang," katanya.

Ia berharap, Kemenag Pusat dapat menyetujui usulan yang telah disampaikan sehingga Pelabuhan Segintung akan menjadi salah satu barometer dalam penentuan hari-hari besar Islam di Indonesia seperti penentuan masuknya bulan Ramadan atau hari raya idul fitri.

"Mudah-mudahan usulan ini dapat dipertimbangkan untuk kemaslahatan umat, karena semakin strategis titik atau lokasi pemantauan hilal maka akurasinya juga akan semakin baik," katanya.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar