Mugeni Dilantik Jadi Pj Bupati Barsel dan Diperintahkan Jaga Netralitas di Pilkada

id barito selatan, Mugeni, Gubernur Kalteng, Pj Bupati Barsel

ubernur Kalteng Sugianto Sabran melantik Mugeni sebagai Penjabat Bupati Barito Selatan, Palangka Raya, Jumat sore. (Foto Antara Kalteng/Jaya WM)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran memerintahkan penjabat Bupati Barito Selatan Mugeni menjaga dan memastikan netralitas aparatur sipil negara di Kabupaten yang melakukan pemilihan Kepala Daerah pada 15 Februari 2017.

Apabila ada ASN yang terindikasi ataupun terbukti berpihak pada salah satu pasangan calon dalam Pilkada nanti, maka penjabat Bupati wajib menindak tegas sesuai aturan yang berlaku, kata Sugianto saat melantik Mugeni di Palangka Raya, Jumat sore.

"Saya juga memerintahkan Penjabat Bupati agar mengajak dan melibatkan seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Barsel menyukseskan Pilkada. Jangan karena pilkada suasana yang sudah kondusif menjadi terganggu," tambah dia.

 Orang nomor satu di provinsi berjuluk "Bumi Pancasila-Bumi Tambun Bungai" itu mengharapkan pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Barito Selatan mengedepankan kampanye ide ataupun gagasan besar dalam mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Dia mengatakan, apabila pasangan calon lebih mengedepankan kampanye hitam ataupun menjelekkan calon lain, maka akan menimbulkan perselisihan bahkan konflik antarmasyarakat. Tindakan seperti ini sama sekali tidak mendidik dan membuktikan para pasangan calon bukanlah petarung.

 "Kalau takdirnya jadi pemimpin, pasti jadi pemimpin. Contohnya saja pak Mugeni, sama sekali bukan prioritas jadi penjabat Bupati, tapi malah diangkat. Nama Mugeni ini urutan terakhir di daftar usulan bahkan terlambat melengkapi berkas. Jadi memang berkah," kata Sugianto.

Sementara itu, Penjabat Bupati Barsel Mugeni mengatakan, perintah Gubernur menjaga netralitas ASN dan memfasilitasi terlaksananya pilkada dengan lancar dan aman, termasuk menjamin lancarnya roda pemerintahan dan pelayanan terhadap masyarakat.

Kepala Badan Penanaman Modal Daerah Satu Pintu Pemprov Kalteng ini mengaku berkomitmen ingin sukses ketika dipercaya menjadi Penjabat Bupati Barsel, sehingga berbagai langkah akan langsung dilakukan agar Pilkada hingga pelantikan Bupati defenitif.

"Jabatan itu amanah, sehingga harus dilaksanakan semaksimalnya. Jadi perintah Gubernur pun akan saya laksanakan semampu dan sesuai pengalaman saya selama ini. Saya berharap dukungan masyarakat juga agar pilkada dan roda pemerintahan terlaksana dengan lancar," demikian Mugeni. 

Pewarta :
Editor: Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar