Bupati Ini Sebut Lulusan Perguruan Tinggi Harus Miliki Jiwa Kewirausahaan

id Pulang Pisau, Bupati Pulang Pisau, Edy Pratowo, Bupati Ini Sebut Lulusan Perguruan Tinggi Harus Miliki Jiwa Kewirausahaan

Bupati Ini Sebut Lulusan Perguruan Tinggi Harus Miliki Jiwa Kewirausahaan

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo dalam wisuda pasca sarjana ke XXIV dan diploma ke XIV Universitas Muhammadiyah Palangka Raya memberikan orasi ilmiah, salah satunya mendorong lulusan perguruan tinggi memiliki jiwa wira usaha (Foto ADC Bupati Pulang

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Bupati Pulang Pisau, Kalimantan Tengah,  H Edy Pratowo meminta agar para lulusan perguruan tinggi (PT)  memiliki jiwa kewirausahaan.

"Bukan hanya mengantongi sebuah ijazah dan berharap menjadi seorang aparatur sipil negara," kata Edy Pratowo,  Kamis.

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT)  sekarang ini mengalami peningkatan dikarenakan sebagian sarjana lulusan perguruan tinggi tidak memiliki kompetensi yang standar dalam bersaing mendapatkan pekerjaan yang semakin kompetitif.  

Fenomena ini juga menjadi tanggungjawab pemerintah dalam mengupayakan, bagaimana lulusan perguruan tinggi yang memiliki keahlian khusus mampu menciptakan lapangan kerja.

Terciptanya lulusan perguruan tinggi yang memiliki jiwa kewirausahaan ini, dikatakan Edy Pratowo,  dapat dibentuk melalui tes assesment dan kepribadian terhadap semua mahasiswa dan mahasiswi untuk melihat potensi yang dimiliki.  

Selain itu menumbuh kembangkan mental agar setiap saat melek informasi terbaru dalam dunia usaha.

Masalah penting lulusan perguruan tinggi memiliki jiwa kewirausahaan ini juga disampaikan Edy Pratowo yang didaulat untuk memberikan orasi ilmiah kepada para lulusan, dalam wisuda pasca sarjana ke XXIV dan diploma ke XIV Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.

Menurut Edy Pratowo kewirausahaan adalah bagian penting dalam pembangunan dan mengurangi angka pengangguran. Pemerintah setempat,  kata dia,  juga bisa membuat regulasi usaha perizinan yang lebih sederhana agar masyarakat tidak merasa dipersulit dalam membuka peluang usaha.