Bupati Sukamara : ASN Jangan Sampai Terlibat Narkoba

id Sukamara, Pemkab Sukamara, Bupati Sukamara, ASN Jangan Sampai Terlibat Narkoba, Ahmad Dirman

Bupati Sukamara : ASN Jangan Sampai Terlibat Narkoba

Bupati Sukamara H Ahmad Dirman (kanan) menyerahkan secara simbolis SK ASN kepada CASN yang diambil sumpah janji (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antara Kalteng) - Bupati Sukamara H Ahmad Dirman mengingatkan kepada seluruh ASN yang ada di lingkup pemkab setempat untuk tidak terlibat narkoba, katanya usai mengambil sumpah janji 136 ASN di Sukamara, Rabu.

"Saya terus mengingatkan kepada ASN yang baru diambil sumpah janji ini agar menjauhi barang haram tersebut, dan jangan sampai terdengar usai acara ini ada ASN lagi yang dikabar kedapatan narkoba oleh pihak berwajib, dan kalau ada ini sangat disayangkan." Kata Dirman.

Dirman juga menyampaikan kepada ASN yang diambil sumpah janji agar menjauhi yang namanya narkotika, sehingga usai pengambil sumpah janji tidak ada ASN yang terdengar ditangkap pihak kepolisian karena kasus narkoba.

Pihaknya mengatakan bahwa seorang ASN harus selalu mentaati kewajibannya sebagai abdi negara dan tidak melakukan yang melanggar hukum dan aturan sebagaimana yang telah diikrarkan. 

"Sumpah janji ASN ini bukan sebagai acara seremonial belaka, akan tetapi suatu kesungguhan untuk selalu menaati kewajiban sebagai abdi negara dan keharusan tidak melakukan larangan yang telah ditentukan, sebagaimana yang diikrarkan di hadapan atasan yang berwenang menurut agama dan keyakinan masing-masing," katanya. 

Hal tersebut, kata Dirman telah diamanatkan oleh Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin ASN pada pasal 3 ayat 1.

Selain itu, sumpah janji ASN yang telah diucapkan jangan dianggap sebagai beban, tetapi merupakan wujud syukur kepada Tuhan yang Maha Esa dan merupakan motivasi atau semangat dalam menjalankan kewajiban dan tanggung jawab sebagai ASN," katanya.

ASN dilingkup Pemerintah Kabupaten Sukamara, khusunya yang baru diambil sumpah janji ASN wajib memiliki kemampuan berfikir konseptual berdasarkan visi dan misi, dan juga kemampuan berfikir kreatif dan inovatif dalam berupaya memecahkan masalah kedinasan yang dihadapi sehingga dengan kemampuan tersebut dapat menjembatani kondisi yang ada, dengan kemampuan sumber daya yang dimiliki agar bekerja lebih efektif dan efisien. 

"Serta berpegang pada etika birokrasi dan perilaku dengan menerapkan prinsip-prinsip pelayanan pemerintahan yang baik," ujar Dirman .