PWI Barsel Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan

id Barito Selatan, Kalimantan Tengah, PWI Barsel Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan, PWI Barsel

PWI Barsel Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan

Kepala Kesbangpol Barsel, Liharfin, S. IP, M. Si saat menyampaikan sambutan pada kegiatan seminar wawasan kebangsaan yg dilaksanakan PWI Barsel, Rabu (2/11). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Sebanyak 80 peserta mengikuti seminar wawasan kebangsaan yang dilaksanakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah.

"Tujuan seminar ini dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengaplikasian nilai-nilai nasionalisme serta wawasan kebangsaan bagi seluruh masyarakat," kata ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Barsel M Hamdan di Buntok, Rabu.

Menurut dia, seminar ini dilaksanakan mengingat masih adanya truma pascakonflik etnis dan tingginya sikap primodial di kalangan masyarakat serta menurunnya pemahaman nilai-nilai nasionalisme dan wawasan kebangsaan di kalangan masyarakat.

"Terkait hal itu, maka seminar ini mengambil tema menumbuhkan semangat persatuan dan pemahaman nilai-nilai nasionalisme," kata M Hamdan didampingi bendahara PWI Barsel Bayu Ilmiawan.

Ada tiga narasumber yang hadir dalam seminar ini, di antaranya Kepala Kesbangpol Barsel Liharfin, S. IP, M. Si dengan judul menumbuhkan semangat persatuan terhadap rasa truma pasca konflik etnis.

Narasumber dari Kodim 1012 Buntok yang disampaikan Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Didik Purwanto dengan judul menumbuhkan pemahaman nilai-nilai nasionalisme dan kebangsaan.

"Sedangkan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Barsel Arfin Jahabudin memberikan materi seminar primodial dikalangan masyarakat,"tambah dia.

Kegiatan seminar tersebut diikuti 80 orang peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, tokoh masyarakat, tokoh agama, LSM dan wartawan daerah itu.